Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 04:46 WIB | Minggu, 08 November 2015

RRT-Singapura Sepakat Kerja Sama Tentang Perkotaan

Presiden Tiongkok Xi Jinping (kiri) dan PM Singapura Lee Hsien Loong (kanan) saat bertemu di Istana Kepresidenan Singapura , hari Sabtu (7/11). (Foto: channelnewsasia.com).

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menandatangani kesepakatan dan kesepahaman kerja sama di beberapa bidang yang bertujuan untuk kesejahteraan kedua negara, salah satunya di sektor tata kota.

“Dengan kerja sama ini diharapkan Tiongkok akan terus sukses di bawah kepemimpinan Presiden Xi (Jinping, Red),” kata Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam, hari Sabtu (7/11) beberapa saat setelah menyaksikan penanda tanganan kesepakatan dan kesepahaman kedua negara di Istana Kepresidenan Singapura seperti diberitakan Channel News Asia.

Xi dan Lee kemudian menyaksikan penandatanganan beberapa perjanjian yang terkait dengan projek antar pemerintah (G to G) projek tersebut antara lain kerja sama pendidikan, manajemen perkotaan dan  kolaborasi Bea Cukai.  

Presiden Xi mengatakan hubungan bilateral telah mencapai tingkat yang baru dan Tiongkok akan bekerja sama dengan Singapura untuk merebut momentum dan memperdalam kerja sama mereka.

Pada Jumat (6/11) saat tiba di Singapura dari Vietnam, Presiden Tiongkok meresmikan Pusat Kebudayaan Tiongkok di Queen Street, Singapura.  Setelah itu Presiden Xi Jinping memberi kata sambutan di National University of Singapore.

Dalam sambutannya, Presiden Xi menyentuh pada sengketa Laut China Selatan, dia mengatakan bahwa Tiongkok berpandangan sengketa itu diselesaikan secara damai melalui perundingan. Namun, Presiden Xi mengatakan bahwa pemerintah Tiongkok  memiliki tanggung jawab untuk melindungi kedaulatan dan hak maritim negara itu.

Kunjungan Xi Jinping ke Singapura, merupakan kunjungan balasan PM Singapura ke Tiongkok pada September 2014.(Channelnewsasia.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home