Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:02 WIB | Kamis, 05 November 2015

Singapura Bangga Memfasilitasi Pertemuan RRT-Taiwan

Ilustrasi: Presiden Taiwan Ma Jing Yeou (kiri) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping (kanan). (Foto: scmp.com).

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Singapura merasa bangga dapat memfasilitasi pertemuan antara Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping dan Presiden Taiwan Ma Ying Jeou.

“Singapura diminta oleh kedua belah pihak untuk membantu memfasilitasi pertemuan antara pemimpin puncak dari dua sisi Selat Taiwan, ini adalah tonggak dalam sejarah hubungan lintas-selat sejak 1949. Sebagai negara yang bersahabat dan  dekat dengan Tiongkok  dan Taiwan, kami senang untuk memfasilitasi dan menjadi tempat untuk dialog langsung kedua negara,” kata pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Singapura pada Rabu (4/11), dalam menanggapi pertanyaan media tentang kesiapan Singapura sebagai saksi pertemuan Tiongkok-Taiwan pada Sabtu (7/11).

"Singapura  secara konsisten mendukung kebijakan Tiongkok dan memiliki inisiatif yang berkontribusi terhadap perkembangan damai hubungan lintas-selat, termasuk  pembicaraan bersejarah (antara pejabat Tiongkok Wang Daohan dan Taiwan Koo Chen-fu, Red) yang diadakan di Singapura pada tahun 1993,” tambah pernyataan resmi kementerian.

Pertemuan Presiden Xi dan Presiden Ma akan menjadi yang pertama antara pemimpin Tiongkok dan Taiwan sejak akhir perang saudara pada tahun 1949. Para pemimpin ditetapkan untuk "bertukar pandangan mengenai isu-isu lintas-selat", menurut pernyataan Kepresidenan Taiwan.

Pertemuan antara  Xi dan  Ma akan terpisah dari kunjungan kenegaraan Presiden Tiongkok ke Singapura pada  6-7 November,  karena Kunjungan  Xi ke Singapura  dalam rangka peringatan Hari ulang tahun ke-25 hubungan diplomatik antara Singapura dan Tiongkok.

“Kunjungan kenegaraan pertama Presiden Xi Jinping ke Singapura akhir pekan ini akan menyediakan platform bagi kedua negara untuk melihat bagaimana memposisikan hubungan bilateral dan memetakan jalan kerja sama  selama 25 tahun yang efektif,”  kata Duta Besar Tiongkok untuk Singapura, Chen Xiaodong, Selasa (3/11).

“Kunjungan akan menyuntikkan arah baru dan momentum ke dalam hubungan bilateral dan membuka babak baru bagi hubungan bilateral akan menggarisbawahi kerja sama Singapura-Tiongkok dan persahabatan kedua negara. Orang-orang Tiongkok dan Singapura, serta orang-orang di seluruh dunia, akan dapat merasakan kehangatan hubungan,” Xiaodong menambahkan. (channelnewsasia.com).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home