Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 20:13 WIB | Kamis, 02 April 2015

Rumah Sakit Tipe D Diresmikan Wagub DKI

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat didampingi Kepala Dinas Kesehatan DKI Koesmedi Priharto di meresmikan Rumah Sakit Pesanggrahan (rumah sakit tipe D), Jakarta Selatan, Kamis (2/4) siang. (Foto: Francisca Christy Rosana)
JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sejumlah 15 rumah sakit tipe D di DKI Jakarta telah diresmikan. Peresmian secara simbolis dilakukan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat didampingi Kepala Dinas Kesehatan DKI Koesmedi Priharto di Rumah Sakit Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (2/4) siang. 
 
Wagub bersama rombongan yang datang sekitar pukul 10.30 WIB disambut karangan bunga yang berjajar di halaman rumah sakit. 
Dalam sambutannya, mantan Wali Kota Blitar itu mengatakan dengan diresmikannya rumah sakit tipe D, diharapkan masyarakat tidak tersentralisasi pada rumah sakit tipe B sehingga peyebarannya merata. 
 
"Kalau ini bisa efektif betul maka otomatis rumah sakit tipe D, B, A jumlah pasiennya akan menurun dan kita dapat lebih cepat melakukan perawatan pada penyakit-penyakit dasar," ujar Djarot dalam acara peresmian tersebut.
 
Lebih lanjut, dibangunnya rumah sakit tipe D ini nantinya dapat meningkatkan agka harapan hidup dan menekan angka kematian. 
 
Penyakit-penyakit dasar seperti diare, tipus, dan demam berdarah pun bisa ditangani dengan cepat di rumah sakit ini. 
 
Bila rumah sakit tipe D tidak mampu menangani pasien, maka pasien tersebut baru akan dirujuk ke rumah sakit tipe B atau tipe yang lain. 
 
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi mengatakan ‎perkembangan Puskesmas ke rumah sakit tipe D adalah langkah yang preventif untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. 
 
Pemprov sebelumnya merencanakan akan 'menyulap' 44 Puskesmas menjadi rumah sakit tipe D. Namun hingga saat ini, baru 15 yang dinyatakan layak untuk diresmikan. 
 
"Ini nanti bertahap, kan kita nilai dulu satu per satu kelayakannya," ujar Koesmedi kepada satuharapan.com seusai peresmian. 
 
Adapun 15 Puskesmas yang diresmikan menjadi rumah sakit kelas D ini adalah Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Puskesmas Johar Baru dan Puskesmas Kecamatan Kemayoran (Jakarta Pusat). Puskesmas Kecamatan Koja, Puskesmas Kecamatan Cilincing dan Puskesmas Kecamatan Pademangan (Jakarta Utara). Puskesmas Kecamatan Kembangan dan Puskesmas Kecamatan Kalideres (Jakarta Barat). 
 
Selanjutnya, Puskesmas Kecamatan Jagakarsa, Puskesmas Kecamatan Tebet, Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan dan Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan (Jakarta Selatan). Kemudian dua puskesmas di Jakarta Timur, yakni Puskesmas Kecamatan Kramatjati dan Puskesmas Kecamatan Ciracas.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home