Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 14:39 WIB | Rabu, 08 April 2015

Rusia Akui Indonesia akan Beli Pesawat Tempurnya

Demo penerbangan jet tempur Rusia Su-35S di Paris Air Show 2013. (Foto: Reuters)

JAKARTA, STAUHARAPAN.COM – Indonesia berminat membeli jet tempur terbaru Sukhoi Su-35 milik Rusia. Hal itu disampaikan oleh Yuri Slyusar, Kepala United Aircraft Corporation (UAC), pada media Interfax di Kota Ho Chi Minh, Vietnam, Selasa (7/4).

“Rekan-rekan Indonesia tertarik untuk membeli pesawat ini. Negosiasi masih tahap awal,” kata Slyusar.

Dilaporkan sebelumnya bahwa Angkatan Udara (AU) Indonesia ingin mengganti jet tempur Amerika Serikat (AS) yang telah usang dengan jet generasi 4++ Sukhoi Su-35 milik Rusia.

Kepada kantor berita Antara, Laksamana Jenderal Penerbangan, Agus Supriatna, mengatakan, semoga pemerintah pusat mengabulkan keinginan untuk membeli Sukhoi Su-35. Sebagai pengendali pesawat tempur, AU Indonesia ingin memiliki jet generasi 4++ terbaru yang lebih canggih.

Sukhoi Su-35 dirancang oleh Biro Desain Sukhoi dengan menggunakan teknologi generasi kelima yang dimodernisasi super bermanuver jet tempur multiperan generasi 4++ yang membuat jet ini unggul di kelasnya.

Su-35 menawarkan avionik baru berdasarkan sistem kontrol data digital dengan jangkauan pendeteksi target yang lebih panjang, serta pengunci dan pemburu target secara simultan. Pesawat ini juga dilengkapi mesin baru dengan kontrol dorong dan dorong-vektor yang lebih besar.

Menurut pendapat para ahli, Su-35 memiliki karakteristik kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan dengan jet lain di kelasnya dan sistem avionik pada Su-35 ini mampu mencapai misi yang lebih luas.

Pembeli utama dari jet tempur baru ini adalah Kementerian Pertahanan Rusia dengan menandatangani kontrak pengadaan 48 jet tempur Su-35 pada 2009.

Supriatna mengatakan, pesawat Sukhoi Su-35 memenuhi permintaan Angkatan Udara Indonesia untuk melengkapi persenjataan. Ia berharap agar teknisi Indonesia tidak memiliki masalah pelayanan pesawat tersebut. (asia.rbth.com)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home