Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 07:56 WIB | Sabtu, 03 Juni 2023

Rusia Kembali Hentikan Kesepakatan Ekspor Biji-bijian Laut Hitam

Kapal komersial termasuk kapal yang merupakan bagian dari kesepakatan ekspor biji-bijian Laut Hitam menunggu untuk melewati selat Bosphorus di lepas pantai Yenikapi pada pagi berkabut di Istanbul, Turki, 31 Oktober 2022. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Kementerian renovasi dan infrastruktur Ukraina mengatakan pada hari Kamis (1/6) bahwa kesepakatan ekspor biji-bijian Laut Hitam yang ditengahi PBB telah dihentikan lagi karena Rusia telah memblokir pendaftaran kapal ke semua pelabuhan Ukraina.

Seorang juru bicara PBB mengatakan bahwa Rusia telah memberi tahu pejabat yang mengawasi inisiatif bahwa Moskow akan membatasi pendaftaran ke pelabuhan Pivdennyi, di Provinsi Odesa, Ukraina, sampai semua pihak setuju untuk membuka blokir transit amonia Rusia.

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan Turki menengahi Inisiatif Ekspor Biji-bijian Laut Hitam antara Moskow dan Kiev Juli tahun lalu untuk membantu mengatasi krisis pangan global yang diperparah oleh invasi Rusia ke Ukraina, pengekspor biji-bijian global terkemuka.

Rusia setuju pada bulan Mei untuk perpanjangan dua bulan dari kesepakatan, yang mencakup tiga pelabuhan Ukraina termasuk Pivdennyi, tetapi mengatakan inisiatif akan berhenti kecuali kesepakatan yang ditujukan untuk mengatasi hambatan ekspor biji-bijian dan pupuk Rusia terpenuhi.

“Pusat Koordinasi Bersama di Istanbul (yang mengawasi prakarsa itu) telah mengumumkan bahwa tidak mungkin menyusun rencana inspeksi untuk tanggal 1 Juni karena penolakan lain yang tidak dapat dibenarkan dari delegasi Rusia untuk mendaftarkan armada yang masuk untuk berpartisipasi dalam Prakarsa tersebut,” kata kementerian Ukraina di Facebook.

Juru bicara PBB, Stephane Dujarric, mengatakan telah terjadi "pelambatan terus-menerus" dalam keberangkatan kapal di bawah kesepakatan Laut Hitam dari April hingga Mei, dan rata-rata tingkat pemeriksaan harian untuk kapal turun menjadi tiga.

“Ini adalah situasi yang sangat serius. Kita harus bergerak maju,” kata Dujarric kepada wartawan di PBB di New York.

Kementerian Ukraina mengatakan Rusia hanya mendaftarkan satu kapal yang masuk untuk diperiksa dalam dua hari terakhir bulan Mei dan tidak memberikan penjelasan atas tindakan tersebut, menyebutnya sebagai "pelanggaran berat" terhadap inisiatif tersebut.

Rusia tidak segera mengomentari pernyataan kementerian tersebut.

Pejabat Ukraina mengatakan bahwa sejak pertengahan April, Rusia telah "secara tidak wajar membatasi" pekerjaan kesepakatan ekspor biji-bijian Laut Hitam. Dikatakan 50 kapal sedang menunggu pemeriksaan di perairan teritorial Turki dan mereka siap mengirimkan 2,4 juta ton bahan makanan Ukraina ke luar negeri. Beberapa kapal telah menunggu inspeksi selama lebih dari tiga bulan.

Kementerian tersebut juga mengkritik apa yang dikatakannya sebagai pemblokiran Pivdennyi, pelabuhan terbesar Odesa oleh Rusia. Rusia sebelumnya membantah melakukan kesalahan sambil mendesak pihak-pihak untuk mengizinkan transit amonia Rusia melalui pipa dari Rusia ke Pivdennyi.

Sumber senior pemerintah mengatakan bahwa Kiev akan mempertimbangkan untuk mengizinkan amonia Rusia transit di wilayahnya untuk ekspor dengan syarat bahwa kesepakatan ekspor biji-bijian Laut Hitam diperluas untuk mencakup lebih banyak pelabuhan Ukraina dan komoditas yang lebih luas. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home