Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:44 WIB | Senin, 27 Mei 2024

Rusia Menangkap Sejumlah Pejabat Tinggi Militer. Mengapa Ini Terjadi?

Foto yang diambil dan dirilis layanan pers Pengadilan Negeri Basmanny pada Rabu, 24 April 2024 ini memperlihatkan Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Timur Ivanov, berdiri di dalam sangkar terdakwa di pengadilan di Moskow, Rusia. Ivanov ditangkap karena dicurigai menerima suap. (Foto: dok. Layanan pers Pengadilan Negeri Basmanny via AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Itu dimulai bulan lalu dengan penangkapan seorang wakil menteri pertahanan Rusia. Kemudian Kepala Direktorat Kepegawaian Kementerian diseret ke pengadilan. Pekan ini, dua pejabat senior militer lainnya ditahan. Semuanya menghadapi tuduhan korupsi, namun mereka membantahnya.

Penangkapan tersebut dimulai tak lama sebelum Presiden Vladimir Putin memulai masa jabatannya yang kelima dan memindahkan sekutu lamanya, Menteri Pertahanan, Sergei Shoigu, ke jabatan baru.

Mereka segera mengajukan pertanyaan tentang apakah Putin menegaskan kembali kendali atas Kementerian Pertahanan di tengah perang di Ukraina, apakah terjadi pertikaian antara militer dan dinas keamanan, atau apakah ada skenario lain yang terjadi di balik tembok Kremlin.

Sekilas tentang apa yang melatarbelakangi penangkapan tersebut dan mengapa hal itu terjadi:

Seberapa Serius Korupsi di Rusia?

Skandal korupsi bukanlah hal baru dan para pejabat serta pejabat tinggi telah dituduh mengambil keuntungan dari jabatan mereka selama beberapa dekade.

Korupsi di Rusia berfungsi sebagai “wortel dan tongkat”. Ini adalah cara untuk “mendorong loyalitas dan mendorong masyarakat untuk memiliki pemikiran yang sama,” serta metode kontrol, kata Sam Greene, direktur Ketahanan Demokratis di Pusat Analisis Kebijakan Eropa.

Putin ingin setiap orang memiliki “frame dalam lemari mereka,” kata pakar keamanan Mark Galeotti dalam podcast baru-baru ini. Jika negara mempunyai kelemahan dalam hal pejabat-pejabat penting, negara dapat memilih siapa yang akan dijadikan sasaran, tambahnya.

Korupsi, “adalah inti dari sistem ini,” kata Nigel Gould-Davies, peneliti senior di Institut Internasional untuk Studi Strategis di London.

Perang di Ukraina telah menyebabkan membengkaknya belanja pertahanan sehingga meningkatkan peluang terjadinya korupsi.

Siapa Yang Ditangkap?

Mantan Wakil Menteri Pertahanan, Timur Ivanov – pejabat pertama yang ditangkap pada bulan April dan merupakan pejabat tertinggi sejauh ini – mengawasi proyek konstruksi besar yang berhubungan dengan militer dengan akses terhadap sejumlah besar uang. Proyek-proyek tersebut termasuk membangun kembali kota pelabuhan Mariupol di Ukraina yang hancur.

Tim yang dipimpin oleh mendiang pemimpin oposisi, Alexei Navalny, menuduh Ivanov, 48 tahun, dan keluarganya memiliki real estate elite, menikmati pesta mewah dan perjalanan ke luar negeri, bahkan setelah invasi. Mereka juga menuduh istri Ivanov, Svetlana, menceraikannya pada tahun 2022 untuk menghindari sanksi dan terus hidup mewah.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov, mengatakan pada hari Kamis (23/5) bahwa penangkapan baru-baru ini bukanlah sebuah “kampanye” melawan korupsi melainkan mencerminkan aktivitas yang sedang berlangsung di “semua badan pemerintah.”

Peskov dan Ivanov pernah menjadi bagian dari episode memalukan yang tertangkap kamera. Tim Navalny telah membagikan gambar juru bicara Kremlin tahun 2022 yang merayakan pesta ulang tahun mantan istri Ivanov. Dalam video tersebut, Peskov, dengan Ivanov di sisinya, terlihat mengenakan jam tangan yang diperkirakan berharga US$ 85.000.

Pada bulan April, Komite Investigasi, lembaga penegak hukum terkemuka Rusia, melaporkan bahwa Ivanov dicurigai menerima suap dalam jumlah besar – sebuah tindak pidana yang dapat dihukum hingga 15 tahun penjara.

Sejak itu, penangkapan lain atas tuduhan suap termasuk Letjen Yury Kuznetsov, kepala direktorat personalia Kementerian Pertahanan; Mayor Jenderal Ivan Popov, seorang prajurit karir dan mantan komandan tertinggi di Ukraina; dan Letjen Vadim Shamarin, wakil kepala staf umum militer. Shamarin adalah wakil Valery Gerasimov, kepala staf umum.

Pejabat kementerian kelima dilaporkan ditangkap pada hari Kamis – Vladimir Verteletsky, dari departemen pengadaan pertahanan. Dia didakwa melakukan penyalahgunaan jabatan yang mengakibatkan kerugian senilai lebih dari 70 juta rubel (sekitar US$ 776.000), kata Komite Investigasi.

Selain itu, wakil kepala layanan penjara federal untuk wilayah Moskow, Vladimir Telayev, ditangkap pada hari Kamis (23/5) atas tuduhan suap besar-besaran, kata laporan Rusia.

Mengapa Penangkapan Dilakukan Sekarang?

Penangkapan tersebut menunjukkan bahwa korupsi yang “sangat mengerikan” di Kementerian Pertahanan tidak akan lagi ditoleransi, kata Richard Connolly, pakar ekonomi Rusia di Royal United Services Institute di London.

Tak lama setelah pelantikannya, Putin menggantikan Shoigu sebagai menteri pertahanan dengan Andrei Belousov, seorang ekonom. Peskov mengatakan peningkatan anggaran pertahanan Rusia harus disesuaikan dengan perekonomian yang lebih luas.

Peskov mengatakan anggaran pertahanan Rusia adalah 6,7% dari produk domestik bruto. Ini merupakan tingkat yang belum pernah terlihat sejak era Uni Soviet. “Ada pandangan bahwa dana ini perlu dibelanjakan dengan lebih bijaksana,” kata Connolly.

Sebelum kematiannya dalam kecelakaan pesawat yang masih misterius tahun lalu, kepala tentara bayaran Yevgeny Prigozhin memimpin pemberontakan singkat melawan kepemimpinan militer negara tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka salah mengatur perang dan tidak memberikan senjata dan amunisi untuk pasukannya.

Penunjukan Belousov adalah “pengakuan enggan dari Kremlin” bahwa mereka harus memperhatikan masalah ini, kata Gould-Davies.

Perang juga penting untuk dikelola dengan benar karena perekonomian Rusia bergantung padanya. Warga Rusia memperoleh gaji lebih tinggi yang didorong oleh boomingnya sektor pertahanan. Meskipun hal ini menimbulkan masalah inflasi, hal ini memungkinkan Putin untuk terus memenuhi janjinya untuk meningkatkan standar hidup.

Greene mengatakan pemerintah perlu “menjaga perang tetap berjalan agar perekonomian tetap berjalan,” namun juga harus memastikan biaya – dan korupsi – tidak lebih tinggi dari yang diperlukan. Connolly mengatakan ada kemungkinan juga bahwa Belousov, menteri pertahanan yang baru, akan menyingkirkan rekan-rekan pendahulunya dan mengirimkan pesan bahwa “segala sesuatunya akan dilakukan secara berbeda.”

Perubahan lainnya termasuk Wakil Menteri Pertahanan, Yuri Sadovenko, yang digantikan oleh Oleg Saveliev, mantan ajudan Belousov, dan mantan juru bicara Shoigu, Rossiyana Markovskaya, yang mengatakan dia akan pindah ke pekerjaan baru.

Kasus Popov mungkin berbeda. Dia bertempur di Ukraina dan diskors pada Juli 2023 karena mengkritik kepemimpinan Kementerian Pertahanan – seperti Prigozhin – dan menyalahkan kementerian tersebut atas kurangnya senjata dan jalur pasokan yang buruk yang menyebabkan banyak korban di pihak Rusia.

Dia sekarang mungkin menghadapi konsekuensi atas kritik tersebut.

Apakah Ini Menjadi Perang dalam Pembersihan?

Tidak jelas apakah Kremlin atau dinas keamanan Rusia, khususnya Dinas Keamanan Negara, atau FSB, adalah kekuatan pendorong di balik penangkapan tersebut.

Ada kemungkinan bahwa para pejabat yang jaraknya cukup dekat dengan Putin bisa saja terjebak di tengah perang wilayah yang tidak ada kaitannya dengan penunjukan menteri pertahanan yang baru.

Badan keamanan, kata Greene, mungkin mencoba untuk “menekan” dominasi militer yang terlihat sejak Putin memerintahkan invasi ke Ukraina pada tahun 2022.

Meskipun Kremlin menyangkal adanya tindakan pembersihan apa pun, “jika Putin tidak menginginkan hal itu terjadi, hal itu tidak akan terjadi,” kata Greene.

Ketika perang di Ukraina menguntungkan Rusia, Putin mungkin terdorong untuk menyingkirkan Kementerian Pertahanan, atau ia mungkin membiarkan dinas keamanan menegaskan dominasi mereka.

Apa Yang Akan Terjadi Kemudian?

Penangkapan lebih banyak mungkin terjadi karena menteri pertahanan yang baru ingin menunjukkan “ada harga yang harus dibayar” bagi korupsi untuk mengendalikannya, kata Connolly.

Greene menambahkan ada kemungkinan juga bahwa penyelidik “wirausaha” akan berpikir bahwa meluncurkan kasus pidana terhadap seorang jenderal adalah peluang besar untuk kemajuan karir.

Namun, karena korupsi merupakan hal yang mewabah, hal ini dapat menimbulkan kepanikan di seluruh sistem.

Jika pejabat ditangkap karena perilaku yang sebelumnya diperbolehkan meskipun tindakan tersebut ilegal, hal ini dapat menggeser “garis merah”, kata Greene.

Jika penangkapan terus berlanjut atau meluas hingga melampaui Kementerian Pertahanan, hal ini dapat menimbulkan saling tuding dan para pejabat “bergegas keluar,” katanya, dan hal ini adalah sesuatu yang ingin dihindari oleh Kremlin.

Karena sistem ini dibangun di atas korupsi, kata Greene, menyerang sistem tersebut terlalu keras dapat menyebabkan sistem tersebut “berantakan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home