Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:36 WIB | Jumat, 28 Oktober 2022

Rusia Sahkan UU Yang Memungkinkan Mobilisasi Militer Mantan Narapidana

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mendengarkan Wakil Komandan Pasukan Lintas Udara, Anatoly Kontsevoy ,di pusat pelatihan Distrik Militer Barat untuk pasukan cadangan yang dimobilisasi, di Wilayah Ryazan, Rusia, pada 20 Oktober 2022. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Parlemen Rusia pada hari Kamis (27/10) mengesahkan undang-undang yang memungkinkan mantan narapidana dimobilisasi menjadi tentara dan langkah-langkah lain untuk menopang pasukan Moskow di Ukraina.

Bulan lalu Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi ratusan ribu tentara cadangan di negara itu untuk meningkatkan kampanye militernya di Ukraina.

Orang-orang yang dibebaskan dari penjara tetapi memiliki catatan kriminal untuk kejahatan berat sekarang dapat dimobilisasi ke dalam angkatan bersenjata Rusia.

Keputusan yang memperkenalkan mobilisasi sebelumnya melarang perekrutan mantan narapidana tersebut.

Perubahan tidak berlaku untuk orang yang dihukum karena penyerangan seksual terhadap anak di bawah umur, tindakan teroris, lalu lintas bahan radioaktif atau kejahatan terhadap pemerintah, termasuk pengkhianatan dan spionase.

Parlemen, atau Duma, juga mengesahkan undang-undang yang memperkuat status orang-orang yang secara sukarela mendukung tentara Rusia selama mobilisasi, di masa perang, operasi kontra-teroris, atau di luar negeri.

“Dalam hal status, sukarelawan akan sama dengan prajurit kami di bawah ketentuan kontrak,” kata pembicara Duma Vyacheslav Volodin. “Itu adil: mereka melindungi negara kita,” katanya, menurut sebuah pernyataan di situs Duma.

Undang-undang tersebut akan mengatur "langkah-langkah perlindungan material dan teknis untuk kelompok sukarelawan dan mendefinisikan perlindungan sosial untuk mereka dan keluarga mereka," menurut pernyataan itu.

Kedua RUU tersebut perlu disetujui oleh majelis tinggi parlemen, Dewan Federasi, sebelum Putin dapat menandatanganinya menjadi undang-undang.

Lebih dari 200.000 orang telah bergabung dengan angkatan bersenjata Rusia sejak mobilisasi diumumkan, kata kementerian pertahanan pada awal Oktober.

Tetapi setelah beberapa kemarahan publik, orang tua atau orang sakit yang secara keliru diperintahkan untuk melapor tugas, Putin memerintahkan kesalahan itu untuk “diperbaiki.”

Putin memerintahkan pembentukan dewan koordinasi khusus yang dipimpin oleh Perdana Menteri Mikhail Mishustin untuk memenuhi kebutuhan angkatan bersenjata selama mobilisasi. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home