Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:31 WIB | Selasa, 19 Juli 2022

Rusia Serang Pemukiman Warga Sipil, 23 Tewas

Serangan ke kota Vinnytsia yang jauh dari garis depan pertempuran diduga sengaja menyasar warga sipil.
Rusia Serang Pemukiman Warga Sipil, 23 Tewas
Petugas pemadam kebakaran bekerja untuk memadamkan api di sebuah bangunan yang rusak akibat penembakan, di Vinnytsia, Ukraina, Kamis, 14 Juli 2022. (Foto: Layanan Darurat Ukraina via AP)
Rusia Serang Pemukiman Warga Sipil, 23 Tewas
Kereta dorong bayi tergeletak di pinggir jalan setelah serangan rudal mematikan Rusia di Vinnytsia, Ukraina, Kamis, 14 Juli 2022. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)
Rusia Serang Pemukiman Warga Sipil, 23 Tewas
Petugas pemadam kebakaran bekerja untuk memadamkan api di sebuah bangunan yang rusak akibat penembakan, di Vinnytsia, Ukraina, Kamis, 14 Juli 2022. (FRoto: Layanan Darurat Ukraina via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Rudal Rusia menghantam sebuah kota di Ukraina tengah pada hari Kamis (14/7), menewaskan sedikitnya 23 orang dan melukai lebih dari 100 lainnya. Serangan yang jauh dari garis depan, kata pihak berwenang Ukraina. Presiden Ukraina menuduh Rusia sengaja menargetkan warga sipil di lokasi tanpa nilai militer.

Para pejabat mengatakan rudal jelajah Kalibr yang ditembakkan dari sebuah kapal Rusia di Laut Hitam merusak sebuah klinik medis, kantor, toko dan bangunan tempat tinggal di Vinnytsia, sebuah kota 268 kilometer (167 mil) barat daya ibukota, Kiev. Gubernur wilayah Vinnytsia, Serhiy Borzov, mengatakan pertahanan udara Ukraina mencegat dua dari empat rudal Rusia yang masuk.

Kepala Kepolisian Nasional, Ihor Klymenko, mengatakan sejauh ini hanya enam mayat yang telah diidentifikasi, sementara 39 orang masih hilang. Tiga anak di bawah 10 tahun di antara yang tewas. Dari 66 orang yang dirawat di rumah sakit, lima masih dalam kondisi kritis sementara 34 mengalami luka parah, kata Layanan Darurat Negara Ukraina.

“Itu adalah bangunan organisasi medis. Ketika roket pertama mengenainya, kaca jatuh dari jendela saya,” kata warga Vinnytsia Svitlana Kubas, 74 tahun. “Dan ketika gelombang kedua datang, itu sangat memekakkan telinga sehingga kepala saya masih berdengung. Itu merobek pintu terluar, merobeknya menembus lubang. ”

Borzov mengatakan 36 bangunan apartemen rusak dan warga telah dievakuasi. Bersamaan dengan menghantam gedung-gedung, rudal-rudal itu menyulut api yang menyebar ke 50 mobil di tempat parkir, kata para pejabat.

“Ini adalah rudal dengan presisi yang cukup tinggi. ... Mereka tahu di mana mereka ditembakkan,” kata Borzov kepada AP.

Rusia Negara Sponsor Terosisme

Seperti biasa, Rusia membantah menargetkan warga sipil. “Rusia hanya menyerang sasaran militer di Ukraina. Serangan di Vinnytsia menargetkan kediaman perwira, di mana persiapan oleh angkatan bersenjata Ukraina sedang berlangsung,” kata Evgeny Varganov, seorang anggota misi tetap PBB Rusia, mengatakan dalam sebuah pidato di ruangan tersebut.

Di antara bangunan yang rusak dalam pemogokan itu adalah House of Officers, sebuah gedung konser era Uni Soviet.

Margarita Simonyan, kepala jaringan televisi Rusia RT (Russia Today), mengatakan di saluran aplikasi perpesanannya bahwa pejabat militer mengatakan kepadanya bahwa sebuah bangunan di Vinnytsia menjadi sasaran karena menampung "Nazi" Ukraina.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengulangi seruannya agar Rusia dinyatakan sebagai negara sponsor terorisme. Serangan itu terjadi ketika pejabat pemerintah dari sekitar 40 negara bertemu di Den Haag, Belanda, untuk membahas koordinasi penyelidikan dan penuntutan kejahatan perang potensial yang dilakukan di Ukraina.

“Tidak ada negara lain di dunia yang mewakili ancaman teroris seperti Rusia,” kata Zelenskyy dalam video pidato malamnya. “Tidak ada negara lain di dunia yang setiap hari membiarkan dirinya menggunakan rudal jelajah dan artileri roket untuk menghancurkan kota dan kehidupan manusia biasa.”

Zelenskyy mengatakan bahwa di antara mereka yang tewas adalah seorang gadis berusia empat tahun bernama Liza, yang ibunya terluka parah. Sebuah video gadis kecil itu, memutar-mutar gaun lavender di ladang lavender, dibagikan secara luas di media sosial.

“Hari ini, hati kami berdarah, dan mata kami penuh air mata karena ribuan keluarga kami telah kehilangan salah satu dari kami sendiri,” tulis badan amal Down Syndrome. Dikatakan: "Mereka baru saja dalam perjalanan dari kelas terapi wicara, dan mereka kebetulan berada di tempat yang salah pada waktu yang salah."

Istri Zelenskyy kemudian memposting bahwa dia telah bertemu "gadis luar biasa" ini saat merekam video Natal dengan sekelompok anak-anak, yang diberi ornamen besar untuk dilukis.

"Gadis kecil nakal itu kemudian berhasil dalam waktu setengah jam untuk melukis tidak hanya dirinya sendiri, gaun liburannya, tetapi juga semua anak lain, saya, juru kamera dan sutradara ... Tolong lihat dia hidup-hidup," tulis Olena Zelenska dalam catatan yang menyertai video.

Serukan Sita Aset Rusia di Seluruh Dunia

Zelenskyy menyerukan untuk menciptakan mekanisme untuk menyita aset Rusia di seluruh dunia dan menggunakannya untuk memberikan kompensasi kepada para korban “teror Rusia.”

Menteri Dalam Negeri Ukraina, Denys Monastyrsky, menggemakan pernyataan Zelenskyy, menyebut serangan rudal itu sebagai "kejahatan perang" yang dimaksudkan untuk mengintimidasi Ukraina sementara pasukan negara itu bertahan di timur.

Dia mengatakan beberapa lusin orang ditahan untuk diinterogasi atas kecurigaan bahwa pasukan Rusia telah menerima bantuan penargetan dari seseorang di lapangan.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Kiev mengeluarkan peringatan keamanan pada hari Kamis (14/7) malam mendesak semua warga AS yang tersisa di Ukraina untuk segera pergi. Peringatan itu, yang tampaknya sebagai tanggapan atas serangan di Vinnytsia, menegaskan bahwa pertemuan besar dan acara terorganisir “dapat berfungsi sebagai target militer Rusia di mana saja di Ukraina, termasuk wilayah baratnya.”

Vinnytsia adalah salah satu kota terbesar di Ukraina, dengan populasi sebelum perang 370.000. Ribuan orang dari Ukraina timur, di mana Rusia telah memusatkan serangannya, telah melarikan diri ke sana sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Kateryna Popova mengatakan dia melihat banyak orang terluka tergeletak di jalan setelah rudal menghantam. Popova melarikan diri dari Kharkiv pada bulan Maret untuk mencari keselamatan di Vinnytsia yang "tenang". Tapi serangan rudal mengubah semua itu. “Kami tidak menduga ini. Sekarang kami merasa seperti tidak punya rumah lagi,” katanya.

Taktik Rusia Menekan Ukraina

Analis militer Ukraina Oleh Zhdanov mengatakan serangan itu mencerminkan serangan sebelumnya di daerah pemukiman yang diluncurkan Moskow "untuk mencoba menekan Kiev agar membuat beberapa konsesi."

“Rusia telah menggunakan taktik yang sama ketika menyerang wilayah Odesa, Kremenchuk, Chasiv Yar dan daerah lainnya,” kata Zhdanov. “Kremlin ingin menunjukkan bahwa mereka akan terus menggunakan metode perang yang tidak konvensional dan membunuh warga sipil yang bertentangan dengan Kiev dan seluruh komunitas internasional.”

Sebelum rudal menghantam Vinnytsia, kantor presiden melaporkan kematian lima warga sipil dan melukai delapan lainnya dalam serangan Rusia selama sehari terakhir. Satu orang terluka ketika sebuah rudal merusak beberapa bangunan di kota selatan Mykolaiv Kamis pagi. Sebuah serangan rudal pada hari Rabu menewaskan sedikitnya lima orang di kota itu.

Pasukan Rusia juga melanjutkan serangan artileri dan rudal di Ukraina timur, terutama di wilayah Donetsk setelah mengambil alih wilayah Luhansk yang berdekatan. Kedua wilayah tersebut membentuk Donbas, area pabrik baja, tambang, dan industri lain yang sebagian besar berbahasa Rusia yang menggerakkan ekonomi Ukraina.

Sementara itu, Gubernur Donetsk Pavlo Kyrylenko mendesak warga untuk mengungsi secepat mungkin. "Kami mendesak warga sipil untuk meninggalkan wilayah itu, di mana listrik, air dan gas kekurangan pasokan setelah penembakan Rusia," kata Kyrylenko dalam sambutannya yang disiarkan televisi. “Pertempuran semakin intensif, dan orang-orang harus berhenti mempertaruhkan hidup mereka dan meninggalkan wilayah itu.”

Di medan pertempuran, militer Rusia dan Ukraina berusaha untuk mengisi kembali persediaan kendaraan udara tak berawak mereka yang telah habis untuk menentukan posisi musuh dan memandu serangan artileri.

Kedua belah pihak sedang mencari untuk mendapatkan drone canggih yang tahan kemacetan yang dapat menawarkan keunggulan yang menentukan dalam pertempuran. Pejabat Ukraina mengatakan permintaan untuk teknologi semacam itu "sangat besar" dengan upaya crowdfunding sedang dilakukan untuk mengumpulkan uang tunai yang diperlukan.

Perkembangan Lain Invasi Rusia di Ukraina:

  • Referendum-Pejabat yang dilantik Rusia di wilayah Zaporizhzhia, Ukraina tenggara, mengumumkan bahwa mereka berencana mengadakan referendum awal September untuk memasukkan wilayah itu ke dalam Rusia. Sebagian besar Zaporizhzhia berada di bawah kendali Rusia sekarang, seperti juga sebagian besar Kherson yang bertetangga. Pemerintah yang didukung Kremlin di kedua wilayah telah menyatakan niat mereka untuk menjadi bagian dari Rusia. Para pemimpin separatis di "republik" Donetsk dan Luhansk yang memproklamirkan diri juga telah mengumumkan rencana serupa.
  • Undang-undang-Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada hari Kamis (14/7) menandatangani undang-undang yang melarang penyebaran informasi tentang perusahaan dan individu Rusia yang dapat menghadapi sanksi internasional. Undang-undang tersebut secara eksplisit melarang publikasi internet atau media, tanpa izin tertulis, informasi apa pun tentang transaksi yang dilakukan atau direncanakan oleh individu atau badan hukum Rusia yang berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi asing. Ini juga menangguhkan selama tiga tahun publikasi wajib informasi keuangan dan tata kelola utama oleh perusahaan-perusahaan besar negara Rusia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home