Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:26 WIB | Rabu, 25 Mei 2022

Invasi Rusia: 200 Mayat Warga Sipil Ditemukan di Mariupol

Seorang anak laki-laki bermain di depan rumah yang hancur akibat penembakan di Borodyanka, Ukraina, Selasa, 24 Mei 2022. (Foto: AP/Natacha Pisarenko)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Para pekerja yang menggali puing-puing sebuah gedung apartemen di Mariupol menemukan 200 mayat di ruang bawah tanah, kata pihak berwenang Ukraina hari Selasa (24/5), saat lebih banyak kengerian terungkap di kota yang hancur yang telah menyaksikan beberapa penderitaan terburuk dari perang selama tiga bulan.

Mayat-mayat itu membusuk dan bau busuk menyelimuti lingkungan itu, kata Petro Andryushchenko, seorang penasihat wali kota. Dia tidak mengatakan kapan mereka ditemukan, tetapi banyaknya korban menjadikannya salah satu serangan perang paling mematikan yang diketahui.

Pertempuran sengit, sementara itu, dilaporkan di Donbas, jantung industri timur yang akan direbut oleh pasukan Moskow. Pasukan Rusia mengambil alih kota industri yang menjadi tuan rumah pembangkit listrik termal, dan mengintensifkan upaya untuk mengepung dan merebut Sievierodonetsk dan kota-kota lain.

Dua belas orang tewas oleh penembakan pasukan Rusia di wilayah Donetsk di Donbas, menurut gubernur regional. Dan gubernur wilayah Luhansk di Donbas mengatakan daerah itu menghadapi "masa paling sulit" dalam delapan tahun sejak pertempuran separatis meletus di sana.

“Rusia maju ke segala arah pada saat yang bersamaan. Mereka membawa sejumlah pejuang dan peralatan yang gila,” tulis gubernur, Serhii Haidai, di Telegram. "Para penyerbu membunuh kota-kota kita, menghancurkan segala sesuatu di sekitarnya." Dia menambahkan bahwa Luhansk menjadi "seperti Mariupol."

Mariupol diserang tanpa henti selama hampir tiga bulan pengepungan yang berakhir pekan lalu setelah sekitar 2.500 pejuang Ukraina meninggalkan pabrik baja tempat mereka berdiri. Pasukan Rusia telah menguasai seluruh kota, di mana diperkirakan 100.000 orang tetap berada di luar populasi 450.000 sebelum perang, banyak dari mereka terperangkap selama pengepungan dengan sedikit makanan, air, panas atau listrik.

Setidaknya 21.000 orang tewas dalam pengepungan itu, menurut pihak berwenang Ukraina, yang menuduh Rusia berusaha menutupi kengerian dengan membawa peralatan kremasi bergerak dan dengan mengubur orang mati di kuburan massal.

Selama serangan di Mariupol, serangan udara Rusia menghantam rumah sakit bersalin dan teater tempat warga sipil berlindung. Investigasi Associated Press menemukan bahwa hampir 600 orang tewas dalam serangan di gedung teater, dua kali lipat angka yang diperkirakan oleh pihak berwenang Ukraina.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menuduh Rusia mengobarkan "perang total" dan berusaha menimbulkan sebanyak mungkin kematian dan kehancuran di negaranya.

“Memang, belum ada perang seperti itu di benua Eropa selama 77 tahun,” kata Zelensky, merujuk pada berakhirnya Perang Dunia II.

Separatis yang didukung Moskow telah memerangi pasukan Ukraina di Donbas selama delapan tahun dan menguasai sebagian besar wilayah. Sievierodonetsk dan kota-kota tetangga adalah satu-satunya bagian dari wilayah Luhansk Donbas yang masih di bawah kendali pemerintah Ukraina.

Pasukan Rusia telah mencapai "beberapa keberhasilan lokal" meskipun ada perlawanan kuat dari Ukraina di sepanjang posisi yang digali, kata otoritas militer Inggris.

Zelenskyy mengatakan pasukan Ukraina di wilayah itu menghadapi situasi yang sulit. “Pada praktiknya, kekuatan penuh tentara Rusia, apa pun yang mereka miliki, dilemparkan untuk menyerang di sana,” kata Zelenskyy Selasa malam dalam pidato malamnya kepada bangsa. “Liman, Popasna, Sievierodonetsk, Slaviansk, penjajah ingin menghancurkan semua yang ada di sana.”

Di wilayah Donetsk, pasukan Moskow mengambil alih kota industri Svitlodarsk, yang menampung pembangkit listrik termal dan memiliki populasi sebelum perang sekitar 11.000, dan mengibarkan bendera Rusia di sana.

“Mereka sekarang telah menggantung kain mereka di gedung administrasi lokal,” Serhii Goshko, kepala administrasi militer lokal Ukraina, mengatakan kepada Radio Vilny Ukraina, mengacu pada bendera Rusia. Goshko mengatakan unit bersenjata sedang berpatroli di jalan-jalan Svitlodarsk, memeriksa dokumen penduduk.

Pasukan Rusia juga menembaki kota timur Slovyansk dengan munisi tandan, menghantam sebuah bangunan pribadi, menurut Wali kota Vadym Lyakh. Dia mengatakan korban dapat dihindari karena banyak orang telah meninggalkan rumah mereka, dan dia mendesak warga yang tersisa untuk mengungsi ke barat. Pertempuran sengit juga berlangsung di kota Lyman.

Di tengah pertempuran, dua pejabat tinggi Rusia tampaknya mengakui bahwa kemajuan Moskow lebih lambat dari yang diharapkan, meskipun mereka bersumpah bahwa serangan itu akan mencapai tujuannya.

Nikolai Patrushev, sekretaris Dewan Keamanan Rusia mengatakan pemerintah Rusia “tidak mengejar tenggat waktu.” Dan Menteri Pertahanan, Sergei Shoigu, mengatakan pada pertemuan aliansi keamanan yang dipimpin Rusia dari negara-negara bekas Soviet bahwa Moskow sengaja memperlambat serangannya untuk memungkinkan penduduk kota-kota yang terkepung mengungsi, meskipun pasukan telah berulang kali mengenai sasaran sipil.

Beberapa jam kemudian, Zelenskyy mengejek pernyataan Shoigu. "Yah, setelah tiga bulan mencari penjelasan mengapa mereka tidak dapat menghancurkan Ukraina dalam tiga hari, mereka tidak dapat memikirkan sesuatu yang lebih baik daripada mengatakan bahwa itulah yang mereka rencanakan," katanya dalam pidato videonya.

Denis Pushilin, pemimpin separatis yang didukung Moskow di wilayah Donetsk, mengatakan kepada agen Interfax Rusia bahwa persiapan sedang dilakukan untuk persidangan tentara Ukraina yang ditangkap, termasuk para pembela Mariupol. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home