Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:41 WIB | Sabtu, 20 Agustus 2022

Rusia Tunda Referedum di Wilayah Ukraina Yang Dicaplok

Seorang prajurit dengan bendera Rusia di seragamnya berjaga di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia selama konflik Ukraina-Rusia di luar kota Enerhodar yang dikuasai Rusia di wilayah Zaporizhzhia, Ukraina 4 Agustus 2022. (Foto: dok.Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Kremlin sedang mempertimbangkan kemungkinan menunda pemungutan suara untuk mencaplok wilayah yang diambilnya di Ukraina selatan dan timur karena kemajuan militernya di wilayah tersebut terhenti.  Ini berarti potensi kemunduran bagi upaya Rusia dalam memperkuat pendudukannya.

Referendum, yang semula ditargetkan pada bulan depan, dapat diadakan hingga akhir Desember atau Januari karena pasukan Rusia belum dapat mengambil kendali penuh atas wilayah yang ingin diklaim Kremlin sebagai miliknya, menurut orang-orang yang mengetahui diskusi tersebut.

Kemungkinan penundaan itu pertama kali dilaporkan hari Kamis oleh situs berita Meduza.

Untuk saat ini, bagaimanapun, Kremlin tidak meninggalkan harapan untuk mengadakan pemungutan suara pada bulan September dan persiapan terus berlanjut, kata orang-orang. Secara terbuka, pejabat pendudukan Rusia mengatakan tanggal akan ditetapkan setelah situasi keamanan memungkinkan.

Meskipun setiap pemungutan suara akan ditolak secara internasional sebagai ilegal, Kremlin bertujuan untuk menggunakan referendum sebagai kemenangan simbolis bagi audiens domestik di Rusia lebih dari enam bulan setelah invasi dimulai, menandakan tekadnya untuk tetap menguasai tanah itu bahkan ketika Ukraina bersumpah untuk mengeluarkan kekuatannya.

Referendum serupa telah dilakukan dengan tergesa-gesa di Krimea beberapa hari sebelum Rusia mencaploknya dari Ukraina pada 2014. Pemungutan suara itu belum diakui oleh negara besar mana pun. Kiev dan sekutunya telah mencelanya sebagai ilegal dan mengatakan bahwa pekerjaan lain yang dilakukan Kremlin juga akan menjadi palsu.

Kemajuan medan perang Rusia, yang telah berjuang selama berbulan-bulan dalam menghadapi perlawanan sengit Ukraina, sebagian besar terhenti dalam beberapa pekan terakhir karena pasukan Kiev telah memperluas serangan di belakang garis Rusia dengan senjata jarak jauh baru yang dipasok oleh AS dan sekutunya.

Pejabat Ukraina menyebutkan serangan balasan yang lebih luas yang bertujuan untuk merebut kembali wilayah yang hilang mungkin terjadi pada musim gugur.

Sementara Rusia gagal pada hari-hari awal invasi untuk mempertahankan wilayah yang diambilnya di sekitar ibukota, Kiev, pasukannya memperluas kendali di Donbas di timur dan wilayah Kherson dan Zaporizhzhia di selatan. Wilayah itu menyediakan hubungan darat antara Donbas dan Krimea yang diduduki Rusia.

Tetapi pasukan Rusia tidak mengendalikan wilayah penuh dari wilayah mana pun, sementara puluhan ribu penduduk telah melarikan diri dari pertempuran, yang berpotensi semakin memperumit upaya untuk mengklaim segala jenis legitimasi untuk pemungutan suara pencaplokan.

Bahkan tanpa referendum, Kremlin telah bergerak untuk mengintegrasikan tanah yang diduduki, memasang pejabatnya sendiri untuk menjalankannya, mengamanatkan penggunaan rubel dan menulis ulang kurikulum sekolah untuk mencerminkan versi sejarahnya. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home