Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 09:06 WIB | Selasa, 13 Januari 2015

Salah Dipenjara 22 Tahun, Meninggal Setelah 11 Bulan Bebas

Sharrif Wilson korban kecerobohan hukum Amerika Serikat. (Foto: nydailynews.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Sharrif Wilson—menghabiskan lebih dari setengah hidupnya di balik jeruji besi karena dituduh melakukan tiga pembunuhan yang tidak ia perbuat—meninggal pada Sabtu (10/1), hanya 11 bulan setelah dibebaskan.

Penduduk Harlem berusia 38 tahun dinyatakan meninggal di rumah sakit Mount Sinai Manhattan pada Sabtu pukul 10:59 waktu setempat, New York Daily News melaporkan. Wilson, yang telah dirawat di rumah sakit sejak akhir Desember, menderita sindrom gangguan pernapasan akut.

Pengacaranya, Adam Perlmutter, mengatakan kepada The Huffington Post bahwa kematian Wilson adalah “tragedi mengerikan,” dan bahwa masalah kesehatan Wilson adalah bersumber sebagian akibat hampir 22 tahun di penjara.

“Dia adalah seorang anak laki-laki yang sehat berumur 15 tahun ketika ia pergi ke penjara, dan ia dibebaskan dalam kondisi mengidap  obesitas dan tidak sehat,” kata Perlmutter.

Wilson dan teman, Antonio Yarbough, dihukum penjara pada 1992 karena dituduh terlibat dalam pembunuhan Ibu, adik, dan sepupu Yarbough di wilayah proyek perumahan Coney Island. Adik dan sepupu Yarbough berusia 12 tahun.

Wilson, berusia 15 tahun itu, mengakui pembunuhan itu dan membuat Antonio Yarbough mendapat hukuman yang lebih ringan. Namun pada 2005, Wilson menulis surat membatalkan pengakuannya, mengatakan bahwa polisi telah memaksa dia untuk membuat pengakuan itu. Dia juga meminta maaf kepada Yarbough karena melibatkan dirinya dalam kerumitan kasus pembunuhan itu.

DNA Membebaskan

Padahal sebelumnya, bukti DNA yang ditemukan pada tubuh ibu Yarbough cocok dengan DNA yang ditemukan pada korban pembunuhan lain, Magdalia Ruiz, yang tewas pada 1999. Waktu itu Wilson dan Antonio Yarbough masih di penjara.

Februari lalu, pada bulan kedua bertugas di kantor, Jaksa Brooklyn Kenneth Thompson sepakat bahwa dua orang itu harus dibebaskan. Dan, mereka dibebaskan.

“Saya merasa pilu mengetahui anak laki-laki bisa dihukum 22 tahun untuk kejahatan yang tidak dilakukannya, dan akhirnya pulang dan hanya memiliki 11 bulan untuk menghabiskan waktu dengan keluarganya,” kata Yarbough setelah kematian Wilson akhir pekan ini, dalam pernyataan yang dirilis oleh pengacaranya, Zachary Margulis-Ohnuma.

“Hati saya bersama dengan ibunya Gloria dan saudara-saudara perempuannya,” kata Yarbough. “Saya akan meminta semua orang untuk berdoa bagi mereka. Duka ini harus pergi setelah apa yang dia alami. Aku begitu sedih mengetahui ibunya kehilangan anaknya tidak hanya sekali, tapi dua kali.”

Margulis-Ohnuma menambahkan bahwa Yarbough memiliki “setiap alasan untuk pahit” terhadap Wilson, tetapi bahwa “reaksi ini adalah salah satu pengampunan.”

Margulis-Ohnuma juga mengatakan bahwa kematian Wilson “membuktikan bahwa mekanisme untuk mengkompensasi orang dirugikan oleh pemerintah benar-benar tidak memadai.”

“Nama baiknya akan kembali, tapi sudah terlambat untuk Sharrif,” katanya. “Dia sudah mati.”

Seperti Yarbough, Wilson telah mengajukan pemberitahuan klaim untuk menuntut kota dan negara atas kesalahan mereka. Perlmutter mengatakan pada HuffPost bahwa keluarga Wilson—yang ia digambarkan sangat terguncang—berniat untuk mengejar litigasi.

“Tapi untuk saat ini,” ia menambahkan, “kami akan fokus pada pemakaman Sharrif dan upacara peringatan. Kami akan mengambil proses ini satu hari pada suatu waktu. “

Eksonerasi—pembebasan karena kesalahan tindakan hukum—Wilson dan Yarbough menjadi awal  upaya terpadu oleh kantor Thompson untuk memeriksa kembali puluhan kasus pembunuhan yang dituntut oleh pendahulunya, Charles Hynes, selama 1980 dan 1990-an, ketika ada tingkat rekor kejahatan kekerasan di kota.

“Pembebasan tiba-tiba Sharrif Wilson, setelah keluar dari penjara untuk kurang dari satu tahun, menggarisbawahi kewajiban kita sebagai bangsa untuk memperbaiki gugurnya keadilan dan untuk melakukannya secepat mungkin,” kata Thompson dalam sebuah pernyataan Senin (12/1). “Semoga ia beristirahat dalam damai dan belasungkawa terdalam pergi ke keluarganya.” (huffingtonpost.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home