Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:27 WIB | Selasa, 20 September 2022

Satu Tewas dalam Operasi Penangkapan Anggota Hamas oleh Tentara Palestina

Pengunjuk rasa Palestina bentrok dengan pasukan keamanan Palestina di Nablus di Tepi Barat yang diduduki pada 20 September 2022, menyusul penangkapan dua anggota kelompok Hamas. (Foto: AFP)

NABLUS, SATUHARAPAN.COM-Sebuah operasi oleh pasukan keamanan Otoritas Palestina (PA) berusaha menangkap seorang anggota Hamas memicu bentrokan di kota Nablus, Tepi Barat, hari Selasa (20/9), menewaskan satu orang.

Sebuah pernyataan dari pasukan keamanan mengkonfirmasi kematian Firas Yaish dan mengatakan mereka "menunggu laporan medis," tentang keadaan pembunuhannya.

Dia terbunuh "di tempat di mana tidak ada personel keamanan," kata juru bicara pasukan, Talal Dweikat, dalam sebuah pernyataan.

Kerusuhan berlanjut sepanjang pagi, dengan ratusan pemuda melemparkan batu ke kendaraan lapis baja PA dan suara tembakan terdengar di seluruh pusat kota.

Hamas, saingan bersejarah gerakan Fatah sekuler yang mengendalikan PA, mengutuk penangkapan Musaab Shtayyeh yang berusia 30 tahun, menyebutnya sebagai "penculikan... kejahatan nasional" dan "noda" pada citra PA.

Mereka menuntut pembebasan segera Shtayyeh dan Ameed Tbaileh, yang ditangkap bersamanya, dan mengecam PA karena menjaga koordinasi keamanan dengan Israel.

"Otoritas telah memposisikan dirinya sebagai agen eksklusif pendudukan (Israel) di hadapan rakyat Palestina kami," kata pernyataan itu.

Sementara pasukan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, mempertahankan hubungan keamanan dengan Israel, yang telah menduduki Tepi Barat sejak 1967, serangan PA yang menargetkan anggota Hamas tidak biasa.

Fatah dan Hamas telah melakukan berbagai upaya rekonsiliasi dalam beberapa tahun terakhir, tetapi hubungan tetap tegang. Hamas telah menguasai Gaza sejak 2007, ketika menggulingkan pasukan PA dari daerah kantong pantai dalam pertempuran jalanan yang mematikan. Sedangkan Tepi Barat utara telah mengalami kekerasan hampir setiap hari dalam beberapa bulan terakhir.

Israel telah melakukan lusinan serangan malam hari di daerah itu, khususnya di Jenin, mengejar orang-orang yang dicari. Puluhan warga Palestina, termasuk pejuang, tewas dalam serangan yang dimulai setelah serangkaian serangan mematikan terhadap sasaran Israel pada Maret.

Israel telah memberikan tekanan yang meningkat pada PA untuk menindak para tersangka militan di Tepi Barat. Pekan lalu, setelah dua warga Palestina dan seorang tentara Israel tewas dalam bentrokan di dekat Jenin, Perdana Menteri Israel, Yair Lapid, mengatakan dia “tidak akan ragu untuk bertindak di tempat mana pun yang tidak dijaga ketertiban oleh Otoritas Palestina.”

Awal bulan ini, kepala angkatan bersenjata Israel, Letnan Jenderal Aviv Kohavi, mengatakan “ketidakberdayaan pasukan keamanan Otoritas Palestina” memberikan lahan subur bagi kelompok bersenjata. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home