Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:22 WIB | Selasa, 20 September 2022

Menjelang Sidang Umum, PBB: Dunia dalam bahaya Besar

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres. (Foto: dok. Ist)

PBB, SATUHARAPAN.COM-PBB memperingatkan bahwa dunia berada dalam “bahaya besar.” Sekjen Perserikatan Bangsa-bangsa mengatakan para pemimpin yang bertemu secara langsung untuk pertama kalinya dalam tiga tahun harus mengatasi konflik dan bencana iklim, meningkatkan upaya mengatasi kemiskinan dan ketidaksetaraan, dan mengatasi perpecahan di antara kekuatan besar yang semakin memburuk sejak Rusia menginvasi Ukraina.

Dalam pidato dan sambutan menjelang dimulainya pertemuan para pemimpin pada hari Selasa (20/9), Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengutip tugas "besar" tidak hanya menyelamatkan planet, "yang secara harfiah terbakar," tetapi juga menangani pandemi COVID-19 yang terus berlanjut.

Dia juga menunjuk pada “kurangnya akses ke keuangan bagi negara-negara berkembang untuk pulih, krisis yang tidak terlihat dalam satu generasi” yang telah kehilangan pendidikan, kesehatan dan hak-hak perempuan.

Guterres akan menyampaikan pidato "keadaan dunia" pada pembukaan pertemuan global tingkat tinggi tahunan pada hari Selasa. Juru bicara PBB, Stephane Dujarric, mengatakan itu akan menjadi "kartu laporan yang sadar, substantif, dan berfokus pada solusi" untuk dunia "di mana perpecahan geopolitik menempatkan kita semua dalam risiko."

"Tidak akan ada lapisan gula dalam sambutannya, tetapi dia akan menguraikan alasan untuk harapan," kata Dujarric kepada wartawan, hari Senin.

Pertemuan Majelis Umum para pemimpin dunia ke-77 diadakan di bawah bayang-bayang perang besar pertama di Eropa sejak Perang Dunia II, konflik antara Rusia dan Ukraina, yang telah memicu krisis pangan global dan membuka celah di antara negara-negara besar dengan cara yang tidak terlihat sejak Musim Dingin Perang.

Namun hampir 150 kepala negara dan pemerintahan ada dalam daftar pembicara terbaru. Itu pertanda bahwa terlepas dari keadaan planet yang terfragmentasi, PBB tetap menjadi tempat berkumpul utama bagi presiden, perdana menteri, raja dan menteri untuk tidak hanya menyampaikan pandangan mereka tetapi juga bertemu secara pribadi untuk membahas tantangan dalam agenda global, dan semoga ada kemajuan.

Di bagian atas agenda itu bagi banyak orang: invasi Rusia pada 24 Februari ke Ukraina, yang tidak hanya mengancam kedaulatan tetangganya yang lebih kecil tetapi juga telah menimbulkan kekhawatiran akan bencana nuklir di pembangkit nuklir terbesar Eropa di negara yang sekarang diduduki Rusia tenggara.

Para pemimpin di banyak negara berusaha mencegah perang yang lebih luas dan memulihkan perdamaian di Eropa. Namun, para diplomat tidak melihat ada terobosan apa pun pekan ini.

Hilangnya ekspor biji-bijian dan pupuk penting dari Ukraina dan Rusia telah memicu krisis pangan, terutama di negara-negara berkembang, dan inflasi serta meningkatnya biaya hidup di banyak negara lainnya. Isu-isu itu menjadi agenda utama.

Pada pertemuan hari Senin untuk mempromosikan tujuan PBB untuk 2030, termasuk mengakhiri kemiskinan ekstrem, memastikan pendidikan berkualitas untuk semua anak dan mencapai kesetaraan gender, Guterres mengatakan banyak bahaya mendesak di dunia membuatnya “tergoda untuk menempatkan prioritas pembangunan jangka panjang kami ke satu sisi. ”

Tetapi Sekjen PBB mengatakan beberapa hal tidak bisa menunggu, di antaranya pendidikan, pekerjaan yang bermartabat, kesetaraan penuh untuk perempuan dan anak perempuan, perawatan kesehatan yang komprehensif dan tindakan untuk mengatasi krisis iklim. Dia menyerukan keuangan dan investasi publik dan swasta, dan terutama untuk perdamaian.

Pertemuan global, yang dikenal sebagai Debat Umum, sepenuhnya virtual pada tahun 2020 karena pandemi, dan campuran pada tahun 2021. Tahun ini, Majelis Umum yang beranggotakan 193 orang kembali ke hanya pidato tatap muka, dengan satu pengecualian, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Secara tradisi, Brasil telah berbicara pertama selama lebih dari tujuh dekade karena, pada sesi awal Majelis Umum, Brasil secara sukarela memulai ketika tidak ada negara lain yang melakukannya.

Presiden Amerika Serikat, yang mewakili negara tuan rumah untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), secara tradisional menjadi pembicara kedua. Tetapi Joe Biden menghadiri pemakaman ratu, dan pidatonya telah didorong ke hari Rabu pagi. Presiden Senegal Macky Sall diperkirakan akan menggantikan Biden. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home