Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:03 WIB | Senin, 19 Mei 2014

Selain KA, Pemerintah Angkut Motor Pemudik dengan Kapal Laut

Pemerintah sediakan sarana motor gratis bagi pemudik untuk mengalihkan masyarakat menggunakan moda transportasi lain. (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengangkut 12.000 motor pemudik Lebaran 2014 secara gratis dengan kapal laut. Sebelumnya, pemerintah juga memberikan fasilitas kereta api gratis bagi 6.300 motor pemudik .

“Sepeda motor yang diangkut dengan kereta api sebanyak 6.300 unit, dan kapal sebanyak 12.000 unit," kata Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan ketika meninjau pendaftaran peserta mudik gratis motor dengan kereta api (KA) di Kantor Kemenhub Jakarta, Jumat (16/5).

Menhub menyatakan anggaran mudik motor gratis dengan kapal tahun 2014 meningkat dari Rp 8 miliar pada tahun 2013 menjadi Rp 24 miliar pada 2014.

Selain dengan kapal laut dan kereta api, pemerintah juga menyediakan fasilitas mudik motor gratis dengan diangkut menggunakan truk.

Menhub menambahkan anggaran mudik gratis angkutan lebaran disediakan oleh masing-masing subsektor.  "Anggaran yang disediakan Kemenhub untuk mudik dilakukan per subsektor. Setiap dirjen mengalokasi anggaran masing-masing untuk angkutan lebaran gratis tahun ini," ungkap Menhub.

Kurangi Kepadatan Pemudik di Jalan Raya

Menhub memperkirakan program angkutan motor gratis dapat mengurangi kepadatan pemudik sepeda motor di jalan raya sebesar lima hingga enam persen. Menurutnya, angkutan motor gratis tersebut dapat mengalihkan pemudik motor maupun mobil ke moda transportasi lain.

“Saya imbau pemudik sepeda motor agar naik bus saja. Terbukti sangat berhasil, tiket kereta api saja sudah habis, ya minimal sudah berpengaruh mau naik kereta api," jelas Menhub.

Kemenhub berharap pada lebaran tahun ini dengan sosialisasi yang panjang mampu mengurangi angka pemudik sepeda motor yang cukup signifikan.

Pendaftaran mudik gratis motor dengan kereta api dimulai tanggal 14 - 18 Mei 2014. (setkab.go.id)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home