Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 12:13 WIB | Senin, 25 Januari 2016

Seorang Kakek Asal Oman Positif Terinfeksi MERS di Thailand

Ilustrasi. (Sumber: Dok satuharapan.com/depkes.go.id)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM - Pejabat kesehatan di Thailand sedang berusaha melacak puluhan orang yang mungkin melakukan kontak dengan seorang kakek asal Oman, yang teruji positif terkena infeksi virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS), menurut Kementerian Kesehatan pada Minggu (24/1).

Kakek berusia 71 tahun tersebut tiba di Thailand pada Jumat (22/1) dalam keadaan demam yang tidak bisa ditangani para dokter di Oman, menurut pernyataan kementerian.

Dia positif terinfeksi virus MERS, dan sudah dikarantina di sebuah rumah sakit di Bangkok, menurut pernyataan itu. Dia kelelahan, tapi dalam keadaan sadar.

Namun, pihak berwenang sedang mencari lebih dari 250 orang yang diperkirakan melakukan kontak dengan kakek tersebut.

Dari jumlah tersebut, 37 orang di antaranya “berisiko tinggi” terkena MERS, kata kementerian tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

Kasus ini menjadi kasus MERS kedua yang tercatat di negara kerajaan tersebut, yang dikunjungi oleh jutaan orang setiap tahunnya dan menjadi pusat wisata medis.

Kasus pertama, juga terjadi pada lansia asal Oman, yang masuk rumah sakit Juni tahun lalu. Namun, ia meninggalkan rumah sakit beberapa pekan setelahnya, setelah dinyatakan bebas dari virus tersebut.

Virus MERS pertama kali muncul di Arab Saudi pada 2012.(AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home