Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:35 WIB | Kamis, 19 September 2013

Seorang Pria AS Berlari Sepanjang 58.282 Mil Mengenang Setiap Korban Perang Vietnam

Mike Bowen sudah berlari sepanjang 58.282 Mil untuk mengenang setiap korban perang Vietnam. (Foto: abcnews.com)

AMERIKA, SATUHARAPAN.COM - Mike Bowen akan menyelesaikan lari sepanjang 58.282 mil besok Jumat (20/9). Bowen melakukan lari sendirian dan sejauh itu untuk menghormati para veteran Vietnam yang dengan berbagai alasan tidak dapat pulang ke rumahnya.

Bowen sudah berusia 65 tahun adalah juga seorang veteran perang. Dia berkomitmen tiap satu mil yang ditempunya adalah untuk satu warga Amerika yang tidak kembali dari Perang Vietnam. Misi pribadi Bowen ini telah berlangsung selama 31 tahun, dan Jumat nanti akan berakhir di Washington DC bertepatan dengan peringatan hari tawanan perang dan orang hilang karena perang AS.

"Akan terasa sangat baik untuk menyelesaikannya. Ini merupakan misi seumur hidup," kata Bowen." Saya sangat bersemangat untuk menyelesaikannya. Ini sangat bagus bagi saya, secara mental dan fisik."

Ide Bowen muncul pada tahun 1982, saat itu ia mendapat inspirasi dari Vietnam Veterans Memorial Wall di Washington DC.

"Tidak akan ada lagi generasi veteran meninggalkan yang lain," kata Bowen." Itulah yang saya lakukan - kami pastikan bahwa orang-orang pulang ke rumah - apakah mereka masih hidup atau sudah mati atau terluka - akan diperlakukan dengan bermartabat dan hormat."

Sejak itu, Bowen telah berpartisipasi dalam lebih dari 50 maraton dimana 26 kali even maraton yang diikutinya memiliki rute yang sama yaitu di taman kota seperti yang biasa dia lalui saat berlari sendiri. Bowen juga yang dikenal sebagai "pembawa bendera" yang membawa bendera POW/MIA (Prisoner of War/Missing in Actions) di setiap lari untuk memenuhi misinya.

"Lanjutkan, saudara. Anda berbuat baik," kata Delbert Erwin presiden dari Chapter 175 of Vietnam Veterans of America, yang mensponsori misi Bowen. "Dia menjadi inspirasi bagi banyak orang. Baginya untuk menyelesaikan misi ini, saya tidak punya kata-kata yang bisa menggambarkannya - selain mengagumkan."

Bendahara Chapter 175 of Vietnam Veterans of America, Gary Huber mengatakan bahwa Bowen, dan organisasinya memiliki hubungan yang erat sejak tahun 1988. Organisasi mendukung keuangan Bowen dan mendukung dia secara mental ketika Bowen menjalani terapi kanker.

"Saya sangat bangga dengan Mike," kata Huber. Dia teguh untuk itu, ia tidak menyerah, dia tetap bersemangat walapun pada saat ia baru tau kalau menderita kanker. Ini benar-benar menakjubkan. Kami semua benar-benar bangga dengan apa yang dia lakukan."

Jadi akankah Bowen tetap berlari walaupun misinya sudah terpenuhi? "Tentu saja. Aku akan terus berlari sampai aku mati." (abcnews.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home