Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 10:29 WIB | Jumat, 27 Agustus 2021

Sepak Bola: Liga 1 Digelar Hari Ini Tanpa Penonton

Pemain tim Persik Kediri mengikuti sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (26/8) Foto: Antara/Dhemas Reviyanto/wsj)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Pertandingan perdana sepak bola Liga 1 dimulai hari Jumat (27/8)  di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta . Untuk mengamankan jalannya pertandingan, sebanyak 341 personel polisi dikerahkan.

“Jadwal kegiatan Liga 1 akan dilaksanakan,… 341 personel yang kita turunkan untuk melakukan pengamanan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis (26/8).

Ratusan personel tersebut untuk memastikan protokol kesehatan (prokes) tetap dijalankan selama pertandingan. Polda Metro Jaya berharap suporter kedua klub tidak merusak jalannya kesepakatan terkait Liga 1.

“Kami harap penonton mengerti, jangan sampai berakibat pada kesebelasan masing-masing,” katanya. Polri sudah memberikan izin penyelenggaraan kompetisi sepak bola Liga 1 dan 2. Namun, pelaksanaannya harus mengedepankan protokol kesehatan yang superketat.

Pertandingan perdana Liga 1 berlangsung di GBK pada Jumat, 27 Agustus 2021 menyajikan laga antara Bali United melawan Persik Kediri.

Larang Nobar

Polda Metro Jaya juga melarang masyarakat untuk menggelar nonton bareng (nobar) laga perdana Liga 1 Indonesia antara Bali United melawan Persik Kediri pada Jumat (27/8) karena berpotensi memicu kerumunan.

"Tidak ada nobar. Jangan berandai-andai, tidak boleh ada kerumunan," kata Yusri Yunus. Dia mengingatkan kepada para suporter tidak membuat acara yang melanggar kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan berdampak negatif pada tim kesayangan mereka.

"Harapan kami, suporternya bisa lebih mengerti, tidak menjadikan satu euphoria yang bisa mengganggu ketertiban masyarakat karena ini masa pandemi COVID-19. Jangan sampai nanti berakibat ke kesebelasannya masing-masing," tambahnya.

 Sesuai dengan kesepakatan antara Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan pihak  terkait maka laga akan berlangsung dengan protokol kesehatan ketat dan tanpa penonton.

Total hanya 229 orang yang terdiri dari pemain dan ofisial tim serta pihak berkepentingan yang diperkenankan memasuki stadion. "Penonton ditiadakan, hanya 229 pemain dan ofisial, dengan persyaratan semuanya sudah vaksin kedua dan tes antigen," kata Yusri.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan izin penyelenggaraan kompetisi sepak bola Liga 1 2021-2021 yang dijadwalkan berlangsung mulai 27 Agustus 2021, namun pertandingan digelar dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

 Izin tersebut diserahkan Kapolri kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin.

 Sigit menyebutkan, terbitnya izin ini melalui proses yang panjang, dengan beberapa kali rapat koordinasi bersama PSSI, Kemenpora dan para tim liga, karena situasi Indonesia masih menghadapi pandemi COVID-19.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home