Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:18 WIB | Jumat, 06 September 2013

Serangan pada Penyimpanan Cadangan Senjata Kimia Suriah Bisa Jadi Bencana

Kota-kota di Suriah yang tak henti dalam pertempuran antara oposisi dan militer pemerintah. (Foto: dari ria.ru)

MOSCOW, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Luar Negeri Rusia memperingatkan Pemerintah Amerika Serikat yang berencana menyerang Suriah, karena hal itu bisa terjadi di lokasi penyimpanan senjata kimia Suriah, dan hal itu bisa menimbulkan bencana lingkungan dan kemanusiaan.

"Kami memperingatkan pemerintah AS dan sekutunya terhadap setiap serangan pada lokasi penyimpanan senjata kimia dan sekitarnya. Tindakan tersebut akan menyebabkan meluasnya bahaya baru dalam krisis Suriah yang tragis," kata kementerian itu dalam pernyataan yang dimuat di situsnya, hari Jumat (6/9).

Selain berpotensi terjadinya dampak terhadap penduduk sipil dan lingkungan, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan serangan yang  menargetkan persediaan senjata kimia Suriah bisa membuatnya lebih mudah bagi pihak yang bertikai untuk mendapatkan akses wilayah tersebut.

Presiden AS, Barack Obama, dalam pekan ini meminta Kongres AS untuk mendukung intervensi militer terbatas di Suriah karena tuduhan terhadap rezim Bashar Al-Assad menggunakan senjata kimia. AS mengklaim serangan pada 21 Agusrtus itu menewaskan lebih dari seribu warga sipil dalam satu serangan di pinggiran Damskus, ibu kota Suriah.

Komite Hubungan Luar Negeri Senat telah menyetujui mosi mendukung serangan militer pada pertemuan hari Rabu. Pemungutan suara secara final akan diselenggarakan pekan  depan setelah Kongres bersidang hari Senin.

Menteri Pertahanan Chuck Hagel mengatakan bahwa cadangan senjata kimia Bashar Al-Assad dianggap sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Namun hal itu  bisa diambil oleh sekutu-sekutunya, termasuk Hizbullah di Libanon. (ria.ru)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home