Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:04 WIB | Rabu, 17 Mei 2023

Serangan Udara Israel ke Gaza, Dua Komandan Jihad Islam Tewas

Sistem pertahanan peluru kendali (Rudal) Israel, Iron Dome, menembakkan pencegat ke arah roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza, di Ashkelon, Israel selatan, hari Kamis, 11 Mei 2023. (Foto: AP/Tsafrir Abayov)

GAZA CITY, SATUHARAPAN.COM-Serangan udara Israel di Jalur Gaza menewaskan dua komandan militan pada hari Kamis (11/5), sementara seorang pria berusia 70 tahun tewas oleh tembakan roket Palestina dalam kematian pertama di Israel di tengah gelombang pertempuran saat ini.

Pertumpahan darah yang terus berlanjut, yang telah menewaskan 30 orang Palestina, terjadi meskipun upaya Mesir untuk menengahi gencatan senjata.

Ini adalah pertempuran terburuk antara Israel dan militan Palestina di Gaza dalam beberapa bulan terakhir, dengan sedikitnya 10 warga sipil, kebanyakan perempuan dan anak-anak, di antara yang tewas. Kekerasan itu, yang sekarang memasuki hari keempat, terjadi pada saat ketegangan melonjak dan kekerasan melonjak selama setahun terakhir di Tepi Barat yang diduduki.

Militan Palestina meluncurkan rentetan roket tanpa henti ke Israel sepanjang hari. Satu roket menghantam sebuah blok apartemen di kota Rehovot, Israel tengah, menewaskan seorang pria berusia 70 tahun, kata layanan penyelamatan MADA. Dikatakan empat orang lainnya luka.

Kamis pagi, militer Israel terus melancarkan serangannya terhadap kelompok militan Jihad Islam dan mengatakan seorang komandan senior yang bertanggung jawab atas pasukan peluncuran roket kelompok itu, Ali Ghali, tewas ketika apartemennya dihantam.

Kemudian pada hari itu, Israel mengatakan telah membunuh komandan Jihad Islam lainnya yang dimaksudkan untuk menggantikan Ghali di Gaza selatan. Jihad Islam mengkonfirmasi pria itu, Ahmed Abu Daqqa, adalah salah satu komandannya.

Kementerian Kesehatan di Gaza mengatakan total 30 orang tewas sejak pertempuran meletus. Penghitungan Associated Press menunjukkan bahwa di antara yang tewas adalah 14 militan, termasuk setidaknya lima komandan Jihad Islam; 10 warga sipil; dan enam lainnya, termasuk empat yang menurut Israel tewas dalam peluncuran roket yang gagal, yang afiliasinya masih belum pasti.

Kamis malam, Pusat Hak Asasi Manusia Palestina yang berbasis di Gaza mengatakan penyelidikan awal menunjukkan bahwa tiga warga Palestina, termasuk dua anak berusia delapan dan 16 tahun, tewas ketika "roket buatan sendiri gagal" di dalam Gaza dalam tiga insiden. Dikatakan 26 orang lainnya terluka dalam kasus ini.

Juru bicara militer, Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan kepada Radio Angkatan Darat Israel bahwa dua militan lainnya juga tewas dalam serangan pagi hari, meskipun tidak ada kelompok yang segera mengklaim mereka sebagai anggota, dan sisa bangunan tetap utuh.

“Apartemen itu ditargetkan dengan cara yang sangat tepat,” kata Hagari. “Saya harap ini mengarah pada pengurangan, pukulan, dan gangguan kemampuan roket Jihad Islam.”

Serangan itu menargetkan lantai atas sebuah bangunan di kompleks perumahan yang dibangun Qatar di Jalur Gaza selatan. Serangan udara menjelang fajar di kota Khan Younis menyebabkan kerusakan pada tiga bangunan di sekitarnya. Kompleks yang dikenal dengan nama Kota Hamad ini terdiri dari beberapa gedung tinggi dan ribuan unit rumah. Serangan tersebut menimbulkan kepanikan di antara warga, dengan puing-puing yang berjatuhan dan pecahan kaca berserakan di jalanan.

 

“Anak-anak saya mulai menangis. Saya tidak melihat apa-apa karena debu, pecahan kaca, dan puing-puing,” kata Abdullah Hemaid, yang tinggal di seberang gedung yang menjadi sasaran.

Jihad Islam mengatakan Ghali adalah seorang komandan yang bertanggung jawab atas pasukan roketnya dan anggota badan pembuat keputusan kelompok bersenjatanya. Kelompok itu mengatakan hanya akan menghentikan tembakan jika Israel setuju untuk menghentikan pembunuhan yang ditargetkan terhadap para pejuangnya.

Putaran pertempuran saat ini meletus pada hari Selasa (9/5) malam ketika Israel membunuh tiga komandan senior Jihad Islam dalam serangan udara yang hampir bersamaan.

Pada hari Rabu (10/5), sebuah stasiun TV Mesir yang dikelola negara mengumumkan bahwa Mesir, yang sering menjadi mediator antara kedua belah pihak, telah menengahi gencatan senjata. Namun dengan kekerasan yang berlanjut pada hari Kamis malam, masih belum ada terobosan.

Militer Israel mengatakan bahwa dalam serangannya terhadap sekitar 150 sasaran, mereka telah memusatkan perhatian pada militan dengan apa yang dikatakan sebagai serangan presisi. Namun anak-anak, di antara mereka yang berusia empat tahun, juga tewas.

Hagari, juru bicara militer, mengatakan kepada Radio Angkatan Darat bahwa seperempat dari roket yang diluncurkan telah jatuh di Gaza, menewaskan sedikitnya empat orang, termasuk seorang gadis berusia 10 tahun, dua remaja berusia 16 tahun dan seorang pria berusia 51 tahun. Klaim itu tidak dapat segera dikonfirmasi secara independen.

Upaya untuk menengahi gencatan senjata masih berlangsung pada hari Kamis dengan anggota biro politik Jihad Islam, Mohamad al-Hindi, tiba di Kairo untuk membahas rincian. Delegasi mediator Mesir juga melakukan perjalanan ke Israel, menurut laporan pers Israel.

Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shoukry, mengatakan bahwa “meskipun upaya keras kami, upaya ini masih belum membuahkan hasil dan hasil yang diinginkan.” Para pejabat Israel menolak berkomentar.

Serangan udara awal Israel memicu ledakan tembakan roket pada hari Rabu yang memicu sirene serangan udara di seluruh Israel selatan dan tengah.

Militer mengatakan lebih dari 500 roket telah ditembakkan ke Israel. Dikatakan sebagian besar dicegat oleh sistem pertahanan rudal Israel atau jatuh di area terbuka.

Kerusakan dilaporkan ketika roket menghantam gedung-gedung yang kosong karena penduduk telah melarikan diri dari daerah tersebut. Tiga bangunan di kota utara Sderot diserang pada hari Kamis, kata para pejabat, tetapi tidak ada laporan langsung tentang korban.

Israel mengatakan serangan udara itu merupakan tanggapan atas rentetan tembakan roket yang diluncurkan pekan lalu oleh Jihad Islam sebagai tanggapan atas kematian salah satu anggotanya di Tepi Barat akibat mogok makan saat berada dalam tahanan Israel.

Israel mendapat kecaman internasional karena tingginya jumlah korban sipil. Dalam konflik masa lalu, kelompok hak asasi menuduh Israel melakukan kejahatan perang karena kematian warga sipil yang tinggi. Israel mengatakan melakukan yang terbaik untuk menghindari korban sipil dan meminta pertanggungjawaban kelompok militan karena mereka beroperasi di daerah pemukiman padat penduduk. Ia juga mengatakan militan menembakkan roket tanpa pandang bulu ke komunitas Israel.

Hagari mengatakan Israel melakukan yang terbaik untuk menghindari melukai warga sipil dan bahwa di bawah norma internasional, ada "rasio proporsional" antara pejuang dan non pejuang di antara yang tewas di Gaza.

Dalam tanda-tanda bahwa kedua belah pihak berusaha menahan diri, Israel telah menghindari serangan terhadap kelompok militan Hamas yang berkuasa, hanya menargetkan Jihad Islam yang lebih kecil dan lebih militan. Hamas, yang memiliki lebih banyak kerugian daripada Jihad Islam, juga tetap berada di “pinggir lapangan.”

Israel dan Hamas telah berperang empat kali dan banyak pertempuran kecil sejak kelompok militan Islam itu menguasai Gaza pada 2007.

Tentara mengatakan bahwa sekolah akan tetap ditutup dan pembatasan pertemuan besar akan tetap diberlakukan di Israel selatan hingga setidaknya hari Jumat (12/5). Warga diperintahkan untuk tinggal di dekat tempat perlindungan bom.

Sementara itu, di Tepi Barat, di mana kekerasan Israel-Palestina telah meningkat selama setahun terakhir, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan seorang pria berusia 30 tahun tewas setelah dia ditembak oleh pasukan Israel dalam serangan pada hari Rabu, dan seorang berusia 66 tahun, pria Palestina berusia setahun tewas ditembak dalam baku tembak antara pasukan Israel dan militan Palestina di sebuah kamp pengungsi di dekat kota Tulkarem di Tepi Barat utara pada hari Kamis.

Tentara Israel mengatakan telah menangkap 25 tersangka anggota Jihad Islam dalam penggerebekan Tepi Barat dalam beberapa hari terakhir. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home