Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:34 WIB | Rabu, 17 Mei 2023

Rumor Presiden Belarusia Sakit, Oposisi Bersiap Untuk Demokratisasi

Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, tengah, menyaksikan parade militer Hari Kemenangan yang memperingati 78 tahun berakhirnya Perang Dunia II di lapangan Merah di Moskow, Rusia, Selasa, 9 Mei 2023. (Foto: Gavriil Grigorov/Sputnik, Kremlin/pool via AP )

MINSK, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin oposisi Belarusia yang diasingkan, Sviatlana Tsikhanouskaya, mengatakan kepada para pendukungnya pada hari Senin (15/5) untuk bersiap mengambil setiap kesempatan untuk mengubah negaranya menjadi demokrasi karena spekulasi tentang kesehatan Presiden Alexander Lukashenko.

Tak lama setelah pesannya kepada para pendukung melalui Twitter, sebuah saluran berita negara Belarusia merilis foto Lukashenko, 68 tahun, di tempat yang disebutnya sebagai pusat komando militer, yang akan menjadi penampilan publik pertamanya dalam hampir sepekan.

TV negara kemudian menyiarkan klip Lukashenko di tempat yang dikatakan sebagai pangkalan komando pusat angkatan udara. Itu menunjukkan dia duduk di kursi berbicara dengan petugas. Mengenakan seragam militer, Lukashenko tampak memiliki perban di tangan kirinya dan kadang-kadang sesak napas.

Lukashenko, yang pernah mengatakan kepada Reuters bahwa dia adalah "diktator terakhir dan satu-satunya di Eropa", telah memerintah Belarusia dengan keras sejak 1994, menggunakan pasukan keamanannya untuk mengintimidasi, memukuli dan memenjarakan lawan-lawannya atau memaksa mereka melarikan diri ke luar negeri.

Dia adalah sekutu setia Rusia. Lukashenko sebelum pada hari Senin belum pernah difoto di depan umum sejak 9 Mei ketika dia meninjau parade militer tahunan Rusia di Lapangan Merah Moskow sebagai tamu Presiden Vladimir Putin.

Terlihat lelah dan sedikit goyah, Lukashenko terlihat dengan perban di tangan kanannya saat itu. Dia melewatkan makan siang yang diselenggarakan oleh Putin. Dia juga membelokkan jalan pasca parade tradisionalnya dan sebagai gantinya diarahkan untuk jarak pendek ke sebuah acara.

Spekulasi tentang kesehatannya meningkat pada hari Minggu (14/5) ketika Lukashenko melewatkan upacara di Minsk di tengah laporan media yang belum dikonfirmasi bahwa dia telah dirawat di rumah sakit. Tempatnya digantikan oleh Perdana Menteri, Roman Golovchenko. Kantor Lukashenko menolak mengomentari ketidakhadirannya.

Sekutu Moskow yang kejam tetapi sudah lama berdiri, Lukashenko menjadi lebih bergantung pada Rusia untuk energi dan pinjaman sejak invasi Rusia ke Ukraina tahun lalu, ketika ia mengizinkan pasukan Rusia untuk menggunakan negaranya sebagai landasan peluncuran serangan yang disebut Moskow sebagai "khusus operasi militer.”

Tsikhanouskaya, yang suaminya dipenjara di Belarusia dan melarikan diri demi keselamatannya sendiri pada tahun 2020 ketika protes jalanan besar-besaran pecah terhadap Lukashenko yang akhirnya dihancurkan, mengatakan pada hari Senin bahwa oposisi harus siap menghadapi skenario apa pun.

“Ada banyak rumor tentang kesehatan diktator Lukashenko,” cuit Tsikhanouskaya kepada para pendukungnya. “Bagi kami, itu hanya berarti satu hal: kami harus mempersiapkan diri dengan baik untuk setiap skenario. Untuk mengarahkan Belarusia ke jalan demokrasi dan untuk mencegah campur tangan Rusia. Kami membutuhkan komunitas internasional untuk proaktif dan cepat.”

Lukashenko mencap lawan domestik sebagai subversif dan pengkhianat yang diatur oleh Barat.

Fanak Viacorka, seorang penasihat Tsikhanouskaya, mengatakan pada hari Minggu bahwa oposisi sedang mengerjakan rencana aksi bersama “dengan kekuatan demokrasi” untuk “ketika sesuatu terjadi.” Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Data pelacakan penerbangan menunjukkan bahwa pesawat khusus pemerintah Rusia terbang masuk dan keluar dari Minsk selama akhir pekan. Tidak jelas siapa yang berada di kapal itu.

Rusia memiliki pasukan yang ditempatkan di dalam Belarusia, organisasi keamanan dan militer kedua negara sangat terintegrasi, dan Moskow telah berulang kali mengatakan kepada Barat untuk menjauh dari Belarusia, yang dianggapnya berada di dalam lingkup pengaruh Uni Sovietnya sendiri.

Ketika ditanya tentang Lukashenko pada hari Senin, Kremlin mengatakan bahwa yang terbaik adalah dipandu oleh pernyataan resmi dari otoritas Belarusia, yang sejauh ini belum dibuat.

Di bawah konstitusi, jika Lukashenko dilumpuhkan dan tidak dapat memerintah, kekuasaannya diserahkan dalam kapasitas sementara kepada ketua majelis tinggi parlemen: Dewan Republik, sampai pemilihan baru diadakan.

Ketuanya saat ini adalah Natalya Kochanova, 62 tahun, mantan kepala staf Lukashenko yang dianggap loyalis dan garis keras.

Andriy Yusov, juru bicara badan intelijen militer Ukraina, mengatakan dalam komentar di televisi bahwa Kiev memiliki informasi tentang kesehatan Lukashenko, tetapi mengatakan dia tidak akan berkomentar karena berbagai alasan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home