Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 12:22 WIB | Senin, 12 Juni 2023

Seru dan Mengasyikkan! Penyelenggaraan Spirit 2023 Dimulai dengan Penuh Semangat di Jogja

Seru dan Mengasyikkan! Penyelenggaraan Spirit 2023 Dimulai dengan Penuh Semangat di Jogja
Siswa/I SDK PENABUR Jakarta tiba di desa Santan (Foto : BPKPENABURJakarta)
Seru dan Mengasyikkan! Penyelenggaraan Spirit 2023 Dimulai dengan Penuh Semangat di Jogja
Siswa/I SDK PENABUR Jakarta naik odong- odong (Foto : BPKPENABURJakarta)
Seru dan Mengasyikkan! Penyelenggaraan Spirit 2023 Dimulai dengan Penuh Semangat di Jogja
Siswa/I SDK PENABUR Jakarta belajar membatik (Foto : BPKPENABURJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM, menempuh perjalanan menggunakan kereta api selama 6 jam tanpa orang tua, dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Tugu Yogyakarta, membuka cerita keseruan para peserta Spirit 2023. Kegiatan Spirit SDK PENABUR Jakarta tahun ini dilaksanakan di Yogyakarta dengan beberapa gelombang keberangkatan mulai dari bulan Mei hingga Juni 2023. 

Sebanyak 236 peserta yang mengikuti Spirit 2023 gelombang 7 pada 9 -13 Juni, tampak menikmati berbagai aktivitas di area Yogyakarta dan sekitarnya, didampingi oleh Adri Lazuardi, Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR, Kenny Lim, Ketua BPK PENABUR Jakarta, dan beberapa pengurus dari BPK PENABUR setempat.

Setibanya di Yogyakarta, mereka menuju Desa Santan, Bantul. Disana, para peserta bersepeda menikmati udara pagi yang segar. Semua terlihat gembira, meski beberapa peserta mengaku baru pertama kalinya naik sepeda dan harus berjuang untuk bisa mengendarainya. Tidak hanya itu, peserta juga mencoba naik sepur mini (odong-odong) untuk berkeliling desa. Sebagai menu sarapan, para peserta diajak untuk mencicipi hidangan khas Bantul yakni mie lethek, sembari bermain berbagai mainan tradisional seperti yoyo, otok-otok, gangsing, sempritan, dan ayunan yang terbuat dari bambu.

Mengusung tema “Bangga menjadi Indonesia”, para peserta Spirit 2023 berkesempatan melakukan kegiatan legendaris seperti membatik, membuat kerajinan batok, serta berkesempatan memakai pakaian adat lurik dan jarik batik. 

Saat senja tiba, para peserta memanfaatkan waktu untuk berinteraksi dengan masyarakat lokal dan menikmati camilan lokal seperti tempe mendoan serta tahu goreng yang hangat. Mereka pun menghabiskan malam bersama cerita dari para lansia di desa mengenai permainan tradisional yang ada di desa. Pada kesempatan ini, para peserta turut memberikan bingkisan berupa sembako kepada para lansia. Hal ini menjadi langkah nyata untuk menumbuhkan salah satu profil siswa BEST, yaitu Share with Society. 

Pengalaman Perdana

Tak hanya bagi peserta, bagi beberapa orang tua kegiatan ini juga merupakan kali pertama memberikan kesempatan anak keluar kota tanpa mereka. Lusiana, orang tua peserta Spirit 2023 dari SDK 2 PENABUR, menyatakan bahwa kegiatan ini membantu anak-anak menjadi lebih mandiri, tangguh, dan bertanggung jawab. “Apapun pengalaman yang akan di dapat saat mengikuti kegiatan Spirit ini, semoga menjadi pembelajaran dan guru terbaik untuk bekal masa depan mereka nanti.” harap Lusiana.

Olivia, salah satu peserta dari SDK 2 PENABUR mengaku sangat senang dapat berbincang dengan guru pendamping dan teman-teman selama perjalanan. Ia bersama peserta Spirit lainnya selalu mengingat pesan orang tua untuk menjaga diri, mau mendengarkan guru, dan selalu berperilaku sopan.

Nah itu tadi cerita dari kegiatan Spirit hari pertama (10/06) di Desa Santan, Bantul. Masih ada dua hari lagi lho, nantikan keseruan kegiatan Spirit selanjutnya ya!

Untuk ikut merasakan keseruannya, bergabunglah bersama BPK PENABUR Jakarta.

 

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home