Loading...
DUNIA
Penulis: Bob H. Simbolon 06:57 WIB | Senin, 21 Maret 2016

Setelah Bantai Kristen, ISIS akan Habisi Agama Kaka'i karena Kafir

Ilustrasi: Kelompok ISIS (Foto: Islamic Social/Media Jerusalem Post)

SATUHARAPAN.COM - Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS) akan mengejar dan melakukan pembunuhan terhadap kelompok agama Kaka'i di Irak utara lantaran dianggap sebagai agama kafir yang harus dihilangkan. Hal itu dilansir beberapa media lokal di Irak.

"Pesan militan ISIS telah beredar di daerah di mana Kaka'i berada, mereka mengancam akan membunuh mereka jika mereka tidak masuk Islam," kata aktivis HAM lokal, yang tidak ingin disebut namanya seperti dilansir kantor berita ARA  pada hari Minggu (20/3).

Aktivis Zaradasht al-Kaki mengatakan kelompok Kaka'i Kurdi menerima ancaman serius dari kelompok ISIS dengan menunjukkan pembantaian di tangan jihadis di Irak.

"Kami menyerukan kepada pasukan Peshmerga Kurdi untuk melindungi Kaka'i dari kelompok ISIS," kata dia.

"Kami adalah minoritas damai seperti Yazidi, Kristen, dan kelompok agama lainnya, kami tidak bisa hidup dengan kelompok-kelompok ISIS yang membunuh ratusan Yazidi dan ribuan pengungsi lainnya, " kata anggota masyarakat Kaka'i, Dilo Cetin yang tidak ingin disebut namanya.

Pada bulan Agustus 2014, ekstremis ISIS telah menguasai distrik yang dihuni kaum Yazidi  di Irak utara, menyebabkan mengungsinya hampir 400.000 orang. Puluhan ribu Yazidi  terperangkap di Gunung Sinjar, menderita pembunuhan massal, penculikan dan pemerkosaan di tangan militan ISIS. 

Selain itu 3000 anak perempuan Yazidi telah diambil oleh kelompok radikal sebagai budak seks. Pasukan Peshmerga Kurdi kembali menguasai wilayah Yazidi Shingal pada bulan November 2015, setelah pertempuran sengit melawan ISIS. Pasukan Kurdi baru-baru ini menemukan lebih dari lima kuburan massal di wilayah Yazidi, di mana ratusan warga sipil Yazidi telah dieksekusi dan dimakamkan oleh jihadis ISIS.

Agama Kaka'i Kurdi adalah salah satu dari beberapa kelompok multi-etnis yang merupakan bagian dari Yarsan atau Ahl el-Haqq (orang yang benar), agama yang didirikan oleh Sultan Sahak pada akhir abad ke-14 di Iran barat.

Kelompok ISIS melakukan ancaman serta pemusnahan terhadap kelompok agama Kaka'i yang tinggal di Mosul utara dan daerah lain di Kurdistan wilayah Irak

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home