Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:29 WIB | Selasa, 24 Mei 2022

Setelah Tiga Bulan, Rusia Masih Terjebak dalam Perang di Ukraina

Setelah Tiga Bulan, Rusia Masih Terjebak dalam Perang di Ukraina
Sebuah pengangkut personel lapis baja Rusia terbakar di tengah kendaraan utilitas ringan yang rusak dan terbengkalai setelah pertempuran di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, 27 Februari 2022. (Foto: dok. AP/Marienko Andrew)
Setelah Tiga Bulan, Rusia Masih Terjebak dalam Perang di Ukraina
Mobil-mobil melewati tank-tank Rusia yang hancur dalam pertempuran baru-baru ini melawan Ukraina di desa Dmytrivka, dekat Kyiv, Ukraina, 23 Mei 2022. (Foto: dok. AP/Efrem Lukatsky)
Setelah Tiga Bulan, Rusia Masih Terjebak dalam Perang di Ukraina
Kerabat prajurit yang tewas selama operasi militer Khusus Rusia di Donbas berfoto sambil memegang potret tentara Rusia yang tewas dalam pertempuran di Ukraina setelah menghadiri pawai Resimen Abadi melalui jalan yang menandai peringatan 77 tahun berakhirnya Perang Dunia II, di Sevastopol, Krimea, 9 Mei 2022. (Foto: dok. AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ketika Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, mereka berharap untuk mengambil alih negara itu dalam sekejap yang hanya berlangsung beberapa hari atau beberapa pekan. Banyak analis Barat juga berpikir demikian.

Ketika konflik menandai bulan ketiga pada hari Selasa (24/5) , bagaimanapun, Moskow tampaknya terjebak dalam apa yang semakin tampak sebagai perang gesekan, tanpa akhir yang jelas, dan sedikit keberhasilan di medan perang.

Tidak ada kemenangan cepat bagi pasukan kuat Presiden Rusia Vladimir Putin, tidak ada kekalahan yang memungkinkan Kremlin menguasai sebagian besar Ukraina yang kalah pasukan dan persenjataan, dan mendirikan pemerintahan boneka.

Sebaliknya, pasukan Rusia terjebak di pinggiran kota Kiev dan kota-kota besar lainnya di tengah pertahanan Ukraina. Konvoi baju besi Rusia tampak terhenti di jalan raya yang panjang. Pasukan kehabisan persediaan dan bensin, menjadi sasaran empuk dari serangan darat dan udara.

Sedikit lebih dari sebulan setelah invasi, Rusia secara efektif mengakui kegagalan serangannya dan menarik pasukannya kembali dari daerah dekat Kiev, menyatakan pergeseran fokus ke kawasan industri di wilayah timur di Donbas, tempat separatis yang didukung Moskow memerangi pasukan Ukraina sejak tahun 2014.

Yang pasti, Rusia telah merebut sebagian besar wilayah di sekitar Semenanjung Krimea yang dicaplok Moskow delapan tahun lalu. Rusia juga telah berhasil memisahkan Ukraina sepenuhnya dari Laut Azov, akhirnya mengamankan kendali penuh atas pelabuhan utama Mariupol, Itu setelah pengepungan yang mencegah beberapa pasukannya bertempur di tempat lain sementara mereka bertempur melawan pasukan Ukraina yang bersembunyi di pabrik baja besar-besaran.

Tetapi serangan di timur tampaknya juga terhenti, karena senjata Barat mengalir ke Ukraina untuk memperkuat pasukannya yang bersenjata.

Setiap hari, artileri dan pesawat tempur Rusia tanpa henti menggempur posisi Ukraina di Donbas, mencoba menerobos pertahanan yang dibangun selama konflik dengan separatis.

Mereka hanya membuat keuntungan tambahan, yang jelas mencerminkan jumlah pasukan Rusia yang tidak mencukupi dan perlawanan Ukraina. Dalam satu episode baru-baru ini, Rusia kehilangan ratusan personel dan puluhan kendaraan tempur di wilayah Luhansk ketika mencoba menyeberangi sungai untuk membangun jembatan.

“Rusia masih jauh di belakang tempat yang kami yakini mereka inginkan, ketika mereka memulai upaya revitalisasi ini di bagian timur negara itu,” kata sekretaris pers Pentagon, John Kirby, mengatakan pada hari Jumat pekan lalu, menggambarkan pertempuran Donbas sebagai sangat dinamis, dengan kota-kota kecil dan desa-desa berpindah tangan setiap hari.

Tidak Tercapai Dengan Kekuatan Terbatas

Di tempat lain di Ukraina, pasukan Rusia menargetkan pengiriman senjata Barat, amunisi dan depot bahan bakar, dan infrastruktur penting dengan rudal jelajah dan serangan udara dengan harapan melemahkan kemampuan militer dan potensi ekonomi Kiev.

Kremlin tampaknya masih memiliki tujuan yang lebih ambisius untuk memotong Ukraina dari pantai Laut Hitam sampai ke perbatasan Rumania, sebuah langkah yang juga akan memungkinkan Moskow untuk membangun koridor darat ke wilayah separatis Moldova di Transnistria, tempat pasukan Rusia ditempatkan.

Tetapi Moskow tampaknya tahu bahwa tujuan ini saat ini tidak dapat dicapai dengan kekuatan terbatas yang dimilikinya.

“Saya pikir mereka semakin menyadari bahwa mereka tidak dapat melakukan semuanya, tentu saja tidak sekaligus,” kata Justin Crump, mantan komandan tank Inggris yang mengepalai Sibylline, sebuah perusahaan penasihat strategis.

Kerugian Moskow telah memaksanya untuk semakin bergantung pada unit yang ditambal dengan tergesa-gesa di Donbas yang hanya bisa menghasilkan keuntungan kecil, katanya.

“Ini adalah penurunan yang konstan menuju tujuan yang lebih kecil yang sebenarnya dapat dicapai oleh Rusia,” kata Crump. “Dan saya pikir dalam skala terbesar, mereka sebenarnya telah mengurangi strategi mereka lebih baik agar sesuai dengan kemampuan mereka di lapangan.”

Banyak orang di Ukraina dan Barat mengira Putin akan mencurahkan sumber daya ke Donbas untuk mencetak kemenangan yang menentukan pada Hari Kemenangan pada 9 Mei, ketika Moskow merayakan kekalahannya Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Rusia secara keliru menyebut perang itu sebagai kampanye untuk "mendenazifikasi" Ukraina, sebuah negara dengan presiden Yahudi yang dipilih secara demokratis yang menginginkan hubungan lebih dekat dengan Barat.

Namun, daripada kampanye besar-besaran di timur, Kremlin memilih serangkaian serangan mini taktis di sana, yang bertujuan untuk terus mendapatkan tempat untuk mencoba mengepung pasukan Ukraina.

“Kepemimpinan Rusia mendesak komando militer untuk menunjukkan setidaknya beberapa keuntungan, dan tidak ada yang bisa dilakukan selain terus mengirim lebih banyak pasukan ke pembantaian itu,” kata Mykola Sunhurovskyi, pakar militer di Razumkov Center yang berbasis di Kiev.

Banyak orang di Barat menduga Putin akan mendeklarasikan mobilisasi luas untuk mengisi jajaran Rusia. Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, memperingatkan bahwa Putin mungkin akan mengumumkan waktu untuk Hari Kemenangan.

Tapi itu tidak pernah terjadi, dan Rusia terus mengandalkan kekuatan terbatas yang jelas tidak cukup untuk melawan pertahanan Ukraina.

Mobilisasi besar-besaran kemungkinan akan menimbulkan ketidakpuasan luas di Rusia, memicu sentimen anti perang, dan membawa risiko politik besar-besaran. Pihak berwenang memilih opsi yang lebih terbatas, dengan anggota parlemen menyusun undang-undang untuk mengabaikan batas usia 40 tahun saat ini bagi mereka yang bersedia mendaftar untuk militer.

Kurangnya sumber daya digarisbawahi pekan lalu oleh penarikan tiba-tiba Rusia dari daerah dekat Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina yang telah dibombardir sejak dimulainya perang. Beberapa dari pasukan itu tampaknya dikerahkan kembali ke Donbas, tetapi itu tidak cukup untuk mengubah skala di medan perang.

“Mereka benar-benar harus mengurangi pasukan yang mereka miliki di sekitar Kharkiv, hanya karena mereka mencoba mempertahankan terlalu banyak garis depan dengan terlalu sedikit pasukan,” kata Phillips O'Brien, profesor studi strategis di Universitas St. Andrew di Skotlandia.

Pertempuran Donbas semakin berubah menjadi duel artileri, dan "mungkin berlangsung cukup lama tanpa banyak gerakan di garis," katanya. “Jadi ini akan menjadi pertarungan posisi pada saat itu, O’Brien menambahkan, dengan kesuksesan akan diraih oleh siapa pun yang “dapat menerima pukulan.”

Bantuan Peralatan Militer dari Barat

Ukraina, sementara itu, terus mendapatkan aliran senjata Barat yang stabil, termasuk howitzer dan drone Amerika Serikat, tank dari Polandia dan peralatan berat lainnya yang segera dikirim ke pertempuran.

“Rencana Ukraina sederhana dan jelas, melemahkan pasukan Rusia dalam beberapa bulan terdekat sebanyak mungkin, memenangkan waktu untuk menerima senjata Barat dan melatih cara menggunakannya, dan kemudian meluncurkan serangan balasan di tenggara,” kata Sunhurovskyi, ahli militer yang berbasis di Keiv.

Dia mengatakan Ukraina berharap untuk menerima senjata Barat yang lebih kuat, seperti peluncur roket ganda HIMARS AS, rudal anti-kapal dan senjata pertahanan udara yang lebih kuat.

Kebuntuan timur telah membuat marah kelompok garis keras di Rusia, yang memperingatkan bahwa Moskow tidak bisa menang jika tidak melakukan mobilisasi besar-besaran dan memusatkan semua sumber dayanya dalam serangan yang menentukan.

Igor Strelkov, mantan petugas keamanan yang memimpin separatis di Donbas pada tahun 2014, mengecam apa yang dia gambarkan sebagai keragu-raguan Kremlin, dengan mengatakan itu bisa membuka jalan bagi kekalahan. “Untuk Rusia, kebuntuan strategis semakin dalam,” katanya.

Pihak berwenang Ukraina, sementara itu, semakin berani dengan lambatnya serangan Rusia dan meningkatnya dukungan Barat.

Sementara Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menegaskan kembali pekan lalu bahwa mendorong Rusia kembali ke posisi pra invasi mereka akan mewakili kemenangan, beberapa ajudannya menyatakan tujuan yang lebih ambisius.

Penasihat Mykhailo Podolyak mengatakan Ukraina tidak tertarik pada gencatan senjata "sampai Rusia siap untuk sepenuhnya membebaskan wilayah yang diduduki," sebuah pernyataan berani yang tampaknya mencerminkan harapan untuk merebut kembali Donbas dan Krimea.

Rusia, sementara itu, tampaknya bertujuan untuk menghancurkan Ukraina dengan menyerang pasokan bahan bakar dan infrastruktur secara metodis sambil membuat keuntungan militer di timur. Kremlin juga berharap bahwa kepentingan Barat dalam konflik tersebut pada akhirnya akan memudar di tengah tantangan ekonomi dan masalah lainnya.

“Harapan terakhir mereka adalah bahwa kita akan kehilangan minat sepenuhnya dalam konflik di Ukraina pada musim panas,” kata Crump. “Mereka menghitung Barat akan kehilangan minat dengan cara yang sama seperti Afghanistan tahun lalu. Rusia berpikir bahwa waktu bekerja untuknya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home