Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 08:56 WIB | Jumat, 07 Agustus 2015

Siap-siap, Mangga Australia bakal Serbu Pasar Indonesia

Salah satu varietas mangga Australia (Foto: Emilia Terzon/ abc.net.au)

CANBERRA, SATUHARAPAN.COM - Dalam waktu dekat Indonesia harus bersiap untuk menerima serbuan mangga Australia. Di mata petani dan produsen buah negara Kangguru itu, Indonesia merupakan pasar ekspor potensian untuk buah mangga tahun ini.

Apalagi pemerintah kembali membuka pasar untuk buah mangga impor, menyebabkan Australia bersemangat menggarap pasar Indonesia. Australia telah menetapkan target 20 persen dari produk buah mereka akan diekspor setiap tahun hingga 2020.

Kepala Eksekutif Australian Mango Industry Association (AMIA) Australia, Robert Gray, kepada abc.net.au, mengatakan, Indonesia merupakan pasar yang memiliki banyak potensi.

"Indonesia adalah salah satu tetangga terdekat kami dan memiliki populasi lebih dari 250 juta konsumen potensial mangga," kata dia.

"Jika kami bisa mendapatkan persentase kecil saja dari populasiitu untuk  menikmati mangga Australia, ini akan berarti perbedaan nyata untuk industri kami," lanjut dia.

"Kami sudah memiliki akses ke Indonesia beberapa tahun lalu, namun peraturan berubah, jadi kami sangat bersemangat untuk kembali," tambah dia.

"Saya berharap kami akan melihat berbagai varietas mangga diekspor ke Indonesia [tahun ini], seperti Kensington Prides, R2E2, Madu Emas, Calypso, semua itu akan menjadi bagian dari ekspor ke pasar Indoensia, saya yakini itu. "

Menurut Gray, mangga yang dikirim ke Indonesia perlu perawatan terutama menjaga agar tidak diserang lalat buah dan kumbang benih sebelum diekspor.

Musim lalu, Australia mengekspor  mangga dalam jumlah yang signifikan, termasuk ke Amerika Serikat untuk pertama kalinya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home