Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 19:07 WIB | Kamis, 16 Juli 2015

Sidang Isbat: Idul Fitri 17 Juli

Petugas sedang berusaha melihat hilal. (Foto: Antara/Saiful Bahri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sidang Isbat Kementerian Agama yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kamis (16/7) sepakat memutuskan bahwa pada sore ini setelah matahari tenggelam sudah masuk 1 Syawal 1436 Hijriyah.

Ini berarti besok pagi seluruh umat Islam di Indonesia dapat bersama-sama menghadiri Salat Id untuk merayakan Idul Fitri 1436 Hijriyah. Sidang Isbat dihadiri berbagai organisasi kemasyarakatan Islam di Indonesia. Termasuk dua ormas terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Dalam konferensi pers, Menteri Agama, mengungkapkan, “Petugas melaporkan dari seluruh wilayah di Indonesia tentang posisi hilal. Di Pelabuhan Ratu 3,11 derajat. Elongasi 5 derajat. Umur Hilal 9 jam 56 menit 52 detik. Ini berarti semua umur hilal sudah memenuhi kriteria.”

Lukman Hakim menambahkan, “Kami mendapatkan laporan dari seluruh pelaku rukyat. Ada empat tempat yang berhasil melihat hilal. Di Bukit Condrodipo Gresik Jawa Timur. Tanjung Kodok, Lamongan. Di Bojonegoro, saksinya Camat dan Bupati Bojonegoro. Dan di Kepulauan Seribu.

Dina Syamsuddin, pemimpin Muhammadiyah, dalam konferensi pers tersebut menyoal kembali adanya kalender bersama umat Islam untuk mencegah perbedaan dan perdebatan dalam menentukan waktu ibadah. Terutama tentang hari raya umat Islam.

Dalam penutupan, Lukman Hakim mengucapkan kepada segenap umat Islam Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home