Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 09:12 WIB | Rabu, 15 Juli 2015

Bus Transjakarta Tetap Jalan Saat Idul Fitri

Direktur PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Antonius Steve Kosasih di dalam bus Scania, Selasa (15/7). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pengguna bus Transjakarta tak perlu khawatir armada ini akan berhenti beroperasi selama Hari Raya Idul Fitri. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, Direktur PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Antonius Steve Kosasih memastikan armada Transjakarta di seluruh koridor akan tetap beroperasi pada saat Lebaran. Namun, Kosasih mengatakan akan ada sedikit perubahan jadwal. 

"Hanya pada Hari H Idul Fitri jadwal operasi bus berubah. Bus reguler akan mulai beroperasi pukul 09.00 atau 09.30 WIB. Sedangkan bus gratis akan mulai beroperasi jam 12 siang," kata Kosasih saat ditemui di Juanda, Jakarta Pusat, Selasa (14/7) malam.

Bus reguler akan beroperasi lebih siang dari biasanya karena mayoritas sopir dan petugas Transjakarta melaksanakan ibadah Salat Id. Sementara itu, beberapa separator juga digunakan untuk ibadah salat.

"Selain itu, kami juga sampaikan, masa liburan kami melayani penumpang full kecuali malam takbir dan Hari Idul Fitri. Tanggal 16 Juli saat malam takbir, kami akan berhenti beroperasi pukul 7 malam, karena macet, dan jalanan penuh banget," ujar Kosasih.

Selain itu, pesta petasan yang biasanya terjadi pada saat malam takbiran dikhawatirkan berbahaya bagi keamanan bus, apalagi bus berbahan bakar gas. Bila situasi memungkinkan, bus akan kembali beroperasi pukul 22.00 WIB hingga pukul 04.00 dini hari.

Kosasih telah mendapat instruksi dari Gubernur DKI, Basuki Tjahaha Purnama (Ahok), untuk memfokuskan penambahan armada di lokasi-lokasi wisata selama libur Lebaran. 

"Masa liburan kami fokus ke tempat wisata. Ke ancol, Taman Mini, Ragunan. Armada akan ditambah untuk tujuan ke tempat wisata," kata Kosasih. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home