Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 18:38 WIB | Senin, 18 November 2013

Sinabung Erupsi, Abu Membumbung Hingga 8.000 Meter

Gunung Sinabung (Foto: antarasumut.com)

MEDAN, SATUHARAPAN.COM - BNPB hari ini (18/11) melaporkan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung tetap tinggi meskipun telah meletus berkali-kali. Tadi sekitar pukul 07.04 WIB terjadi erupsi eksplosif. Erupsi diikuti suara gemuruh (didengar dari Desa Tigandeket, Brastagi, Kabanjahe, Payung, Sigaranggarang, dan Laukawar).

Kolom abu letusan tebal kehitaman mencapai ketinggian maksimum 8000 meter dari puncak. Jatuhan abu dominan mengarah ke barat daya (ke Desa Mardinding-Tigandreket-Payung). Endapan abu di sini mencapai ketebalan 1,5-2,5 cm. Luncuran awan panas sejauh 500 meter dari puncak ke arah bukaan ke Desa Sukameriah. Setelah letusan mereda teramati kolom asap di puncak sebanyak lima kolom asap (Susuk, barat gunung) dan 4 kolom asap diamati dari Pos PGA Sinabung.

Berdasarkan pantauan dari Pos Gunung Sinabung yang selalu dilaporkan oleh Dr. Surono (mantan Kepala PVMBG Badan Geologi) ke Posko BNPB, pada hari ini aktivitas gunung masih tinggi. Selama pukul 06:00-12:00 WIB Tampak asap putih tebal-abu-abu tebal tinggi 500-8.000 meter. 

BNPB menyarankan masyarakat di sekitar Sinabung agar tetap siaga, tetap tenang tdk terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya dan senantiada mengikuti arahan dari petugas di pos pengungsian, karena aktivitas Sinabung masih tinggi.

Jumlah pengungsi saat ini 6.155 jiwa (1.902 KK) yang tersebar di 16 titik pengungsian. (bnpb.go.id)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home