Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:42 WIB | Sabtu, 10 Agustus 2013

Snowden Bebas Bergerak di Rusia, Termasuk untuk Bekerja

Edward Snowden. (Foto; dok.)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Mantan intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, yang telah mendapatkan suaka sementara di Rusia, secara hukum dia bebas untuk bepergian di seluruh Rusia dan bekerja di berbagai bidang di luar pemerintahan di negara itu.

Snowden sendiri masih diburu oleh pemerintah AS yang menghendaki dia kembali ke AS untuk menghadapai sejumlah tuntutan atas pembocoran  informasi intelijen. Pemberian suaka sementara terhadap Snowden telah menimbulkan masalah diplomatik antara AS dan Rusia.

Menurut pejabat Imigrasi Rusia, Snowden bebas bebergian di seluruh Rusia dan bebas untuk mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang, kecuali di pemerintahan.

Pekan lalu Rusia memberikan suaka sementara selama satu tahun kepada Snowden, meskipun pemerintah AS melontarkan protes keras. Snowden dicari pihak  AS dengan tuduhan  spionase dan pencurian, serta membocorkan informasi rahasia tentang program pengawasan Badan Keamanan Nasional (NSA) AS.

"Sesuai dengan hukum, ia memiliki hak untuk bergerak di wilayah Rusia, dan memiliki hak untuk bekerja, kecuali, tentu saja, di kantor-kantor pemerintah," kata Oleg Molodiyevsky, kepala Dinas Migrasi Wilayah Moscow .  Lembaga itu yang mengeluarkan dokumen suaka sementara untuk Snowden.

Molodiyevsky mengatakan, meskipun Snowden bebas untuk pergi ke setiap wilayah Rusia, dia harus memberitahukan badan  tentang rencana yang akan dilakukannya. Namun pejabat imigrasi itu  tidak mengatakan di mana Snowden hidup saat ini.

Kepala migrasi layanan di Moskow, Olga Kirillova, mengatakan bahwa kantornya tidak punya pengetahuan tentang di mana Snowden  pada hari Jumat itu. "Saya tidak memiliki informasi tersebut, ia tidak di Moskow," kata Kirillova. (ria.ru)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home