Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 14:59 WIB | Kamis, 23 Juni 2016

Solar Impulse 2 Mendarat di Spanyol dari New York

Pesawat bertenaga surya Solar Impulse 2, yang diawaki Bertrand dan Piccard, terbang di atas San Francisco sebelum dijadwalkan mendarat di Moffett Field NASA Ames Research Center, Mountain View, California pada April 23, 2016. (Foto: AFP)

SEVILLA, SATUHARAPAN.COM - Pesawat eksprerimental Solar Impulse 2 mendarat di Spanyol pada Kamis (23/6) pagi setelah menempuh perjalanan 70 jam dari New York dengan hanya menggunakan tenaga matahari.

“@bertrandpiccard mendarat di #Seville setelah menempuh perjalanan 70 jam, penerbangan dengan tenaga surya pertama yang melintasi #Atlantic #futureisclean,” menurut akun Twitter tim pendukung.

“Aku tidak bisa menahannya, ini luar biasa,” kata pilot Swiss Bertrand Piccard kepada pusat pengendali misi pesawat tersebut di Monako, dalam pernyataan yang disiarkan langsung di Internet.

“Pesawat disambut tepuk tangan meriah ketika mendarat di bandara Seville di Spanyol selatan, tempat sebuah tim berada di darat untuk menyambut Piccard.

“Mimpi yang menjadi kenyataan,” kata akun resmi itu, saat pesawat perlahan mendekati tujuan akhirnya.

Piccard terus memberikan informasi terbaru kepada pengikutnya dengan penampakan paus dan gunung es, serta turbulensi yang sesekali terjadi selama perjalanan transatlantik yang berlangsung hampir tiga hari.

Perjalanan tersebut menandai penerbangan transatlantik solo pertama dengan menggunakan pesawat bertenaga surya.

Solar Impulse sedang terbang menempuh perjalanan sejauh 34.400 kilometer untuk mengelilingi dunia secara bertahap, dengan Piccard dan sesama warga negara Swiss Andre Borschberg bergantian memiloti pesawat satu kursi tersebut. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home