Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:19 WIB | Senin, 25 September 2023

Somalia: Bom Mobil Meledak di Pos Pemeriksaan, Sedikitnya18 Tewas

Gambar diambil dari video menunjukkan asap mengepul setelah ledakan di Beledweyne, Somalia, hari Sabtu, 23 September 2023. Sebuah kendaraan berisi bom meledak di pos pemeriksaan keamanan di kota Beledweyne, Somalia tengah. Pihak berwenang mengatakan sedikitnya 18 orang tewas dan 40 lainnya terluka dalam serangan hari Sabtu itu. Seorang pejabat kesehatan negara mengkonfirmasi kematian tersebut dan mengatakan setengah dari korban luka berada dalam kondisi kritis dan perlu diterbangkan ke ibu kota Somalia, Mogadishu, untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan. (Foto: AP)

MOGADISHU, SATUHARAPAN.COM-Sebuah kendaraan berisi bahan bom meledak pada hari Sabtu (23/9) di sebuah pos pemeriksaan keamanan di kota Beledweyne, Somalia tengah, menewaskan sedikitnya 18 orang dan melukai 40 lainnya, kata pihak berwenang.

Abdirahman Dahir Gure, menteri dalam negeri negara bagian Hirshabelle, mengumumkan jumlah korban tersebut kepada wartawan.

“Dua puluh orang yang terluka telah dirawat di rumah sakit Beledweyne, sementara 20 lainnya berada dalam kondisi kritis, sehingga mendorong permintaan pengangkutan udara ke Mogadishu untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan,” katanya.

Hirshabelle adalah negara bagian yang mencakup Beledweyne, yang merupakan ibu kota wilayah Hiran dan telah menjadi pusat serangan militer terbaru pemerintah Somalia terhadap ekstremis dari afiliasi Al Qaeda di Afrika Timur, Al-Shabab.

Gambar di media sosial menunjukkan asap hitam mengepul dan sebuah truk hancur berkobar di pos pemeriksaan. Dr Suleyman Abdi Ali, direktur Rumah Sakit Umum Beledweyne, mengatakan 10 jenazah korban dibawa ke rumah sakitnya.

Belum ada klaim tanggung jawab langsung dari Al-Shabab, yang sering melakukan serangan semacam itu dan menguasai sebagian wilayah Somalia.

“Itu adalah sebuah truk berisi bom yang dengan memaksa melewati pos pemeriksaan yang dijaga pemerintah, dan sebuah kendaraan pikap milik petugas keamanan sedang mengejarnya ketika ledakan itu terjadi,” saksi Abdikadir Arba, yang mengatakan bahwa dia berada sekitar 200 meter dan merupakan salah satu dari dari responden pertama, mengatakan kepada The Associated Press melalui telepon. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home