Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 19:55 WIB | Minggu, 20 Agustus 2023

Spanyol Juara Piala Dunia Wanita 2023, Kalahkan Inggris 1-0

(Dari kiri ke kanan) Bek Spanyol #19 Olga Carmona, Gelandang Spanyol #21 Claudia Zornoza dan Bek Spanyol #20 Rocio Galvez merayakan bersama rekan setimnya setelah memenangkan pertandingan sepak bola final Piala Dunia Wanita di Australia dan Selandia Baru 2023 antara Spanyol dan Inggris di Stadium Australia di Sydney pada 20 Agustus 2023. (Foto: AFP)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM-Kapten kesebelasan perempuan Spanyol, Olga Carmona, mencetak gol kemenangan di babak pertama saat Spanyol memenangkan Piala Dunia sepak bola wanita untuk pertama kalinya dengan mengalahkan Inggris 1-0 di depan 75.784 penggemar di Stadion Australia pada hari Minggu (20/8).

La Roja, dirampok dari beberapa bakat terbaik mereka oleh pemberontakan  terhadap pelatih Jorge Vilda hanya beberapa bulan yang lalu dan dihancurkan dengan kekalahan 4-0 oleh Jepang di babak penyisihan grup, tapi mengalahkan Inggris untuk merebut gelar besar pertama mereka hanya di Piala Dunia ketiga mereka.

Aitana Bonmati dan Teresa Abelleira menjalankan permainan dari lini tengah Spanyol dan margin kemenangan akan lebih besar seandainya kiper Inggris Mary Earps tidak menyelamatkan penalti babak kedua dari Jennifer Hermoso.

“Ini adalah perasaan terbaik dalam hidup saya,” kata Hermoso sambil menangis. "Kami memainkan sepak bola yang kami inginkan, tetapi saya masih berpikir kami tidak menyadari apa yang telah kami capai."

Vilda menjadi pria kedua sebagai pelatih yang memenangkan turnamen besar perempuan: Piala Dunia, Olimpiade, dan Euro, sejak tahun 2000.

"Apa yang kami lakukan, sulit dicapai," katanya. "Sangat bangga dengan tim ini, kami telah menunjukkan bahwa kami tahu cara bermain, bahwa kami tahu bagaimana menderita, kami percaya dan kami adalah juara dunia."

Kekalahan kedua Inggris dalam 39 pertandingan sejak pemain dari Belanda Sarina Wiegman mengambil alih sebagai pelatih menggagalkan kesempatan mereka untuk menambah gelar juara dunia ke mahkota Kejuaraan Eropa yang mereka menangkan tahun lalu.

“Sangat sulit untuk menerimanya,” kata kapten Inggris, Millie Bright. “Kami memberikan segalanya, di babak pertama kami tidak dalam performa terbaik kami tetapi di babak kedua kami kembali.

“Ada banyak kepercayaan, kami tertinggal 1-0, kami tidak pernah menyerah. Kami benar-benar patah hati tetapi sayangnya kami tidak ada di sana hari ini. Gadis-gadis itu tidak bisa dipercaya.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home