Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 10:57 WIB | Kamis, 09 September 2021

Spanyol: Seekor Panda Melahirkan Bayi Kembar

Anak panda raksasa kembar, yang lahir di Kebun Binatang Madrid pada hari Senin (6/9), terlihat di dalam inkubator.( Foto: Kebun Binatang Madrid via Reuters)

MADRID, SATUHARAPAN.COM-Keluarga panda Madrid tumbuh pada hari Senin (6/9) dengan kelahiran anak kembar, sebuah dorongan untuk spesies populer yang dianggap sebagai harta nasional China.

Si kembar lahir dari ibu mereka, Hua Zuiba, dan ayah, Bing Xing, sepasang panda raksasa pinjaman dari China, Kebun Binatang Madrid mengumumkan dalam sebuah pernyataan.

Kelahiran terjadi dengan perbedaan empat jam pada Senin pagi, kata kebun binatang. Dokter hewan sedang menunggu untuk menentukan jenis kelamin, berat badan, dan tanda-tanda vital pasangan itu. Namun pernyataan kebun binatang mengatakan kelahirannya menjadi "lebih tenang" karena pengalaman sang ibu.

Panda dewasa Madrid telah memiliki empat anak lainnya sebelumnya, termasuk sepasang anak kembar pada tahun 2010. Mereka semua dikirim kembali ke China setelah beberapa tahun di Kebun Binatang Madrid.

Dalam sebuah video yang dirilis oleh kebun binatang, Hua Zuiba terlihat bersuara sambil pindah ke posisi persalinan. Seekor anak muncul hanya dalam beberapa detik, bergoyang-goyang dengan penuh semangat sebelum sang ibu mengambil bayi yang baru lahir dengan mulutnya dan menjilatnya sambil memegangnya di pangkuannya.

Anak panda dilahirkan tanpa rambut dan dengan kulit merah muda, dan sepenuhnya bergantung pada ibu mereka setidaknya selama empat bulan.

Pusat Penelitian Pemuliaan Panda Raksasa Chengdu, China mengirim dua ahli untuk kelahiran di Madrid, kata kebun binatang, dan mereka akan membantu pekan-pekan pertama menyusui.

Upaya konservasi, termasuk penangkaran panda, telah membawa panda raksasa dari ambang kepunahan. Spesies ini sekarang terdaftar oleh kelompok konservasi IUCN sebagai “rentan.”

Ada sekitar 1.800 panda yang hidup di alam liar di China dan sekitar 500 di penangkaran di seluruh dunia, di mana kelahiran kembar tidak jarang terjadi. Kebun Binatang Beauval, selatan Paris, melihat kelahiran panda kembar pada bulan Agustus. (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home