Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 20:17 WIB | Rabu, 23 Oktober 2013

Sri Sultan Mantu: Akad Nikah, Panggih, serta Tampa Kaya dan Dahar Klimah

Sri Sultan Mantu: Akad Nikah, Panggih, serta Tampa Kaya dan Dahar Klimah
Prosesi Akad Nikah. (Foto-foto: kratonwedding.com)
Sri Sultan Mantu: Akad Nikah, Panggih, serta Tampa Kaya dan Dahar Klimah
Sungkem yang dilakukan mempelai pria kepada Sri Sultan HB X.
Sri Sultan Mantu: Akad Nikah, Panggih, serta Tampa Kaya dan Dahar Klimah
Prosesi Panggih.
Sri Sultan Mantu: Akad Nikah, Panggih, serta Tampa Kaya dan Dahar Klimah
Upacara Panggih diadakan di Tratag Bangsal Kencana.

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sri Sultan Hamengkubuwono X melanjutkan pernikahan putri GKR Hayu dengan memimpin pengucapan ijab kabul yang dijawab oleh calon mempelai pria, KPH Notonegoro, pada Selasa (22/10) kemarin.

Akad Nikah dilaksanakan di Masjid Panepen Kraton Yogyakarta pada pagi hari. Akad Nikah ini hanya dihadiri calon mempelai pria dan keluarga serta Sri Sultan beserta keluarga, tanpa calon mempelai wanita. Calon mempelai wanita berada di Sekar Kedhaton.

Di masjid Panepen, telah disediakan sanggan berupa pisang sejumlah satu lirang yang merupakan simbol pengabdian diri kepada Sultan. Akad Nikah ini hanya akan dihadiri oleh kerabat laki-laki.

Dalam prosesi, calon mempelai pria berjalan masuk menuju Masjid Panepen di mana Sultan HB X sudah menunggu di dalam masjid. Setelah penghulu dan rombongan calon mempelai pria masuk ke dalam Masjid Panepen, ijab kabul lalu dimulai dengan acara khotbah nikah oleh penghulu.

Pada saat Akad Nikah, Sultan HB X menikahkan sendiri putrinya. Sultan lalu melanjutkan dengan pengucapan ijab kabul yang kemudian dijawab oleh calon mempelai pria. Setelah pengucapan ijab kabul selesai, dilanjutkan dengan dipanjatkannya doa pernikahan dan acara penandatanganan dokumen ijab kabul oleh calon mempelai pria beserta para saksi.

Acara Akad Nikah akan ditutup dengan sungkem yang dilakukan mempelai pria kepada Sri Sultan HB X dengan terlebih dahulu melepas dan meletakkan keris yang ia bawa di belakang dirinya. Sungkem ini juga sekaligus menjadi simbol penghormatan dan mohon doa restu karena sudah sah menjadi suami dari putri Sultan.

Setelah Akad Nikah selesai, mempelai pria akan kembali ke Bangsal Kasatriyan untuk bersiap-siap melakukan acara Panggih. Sementara Sultan akan kembali ke Kraton Kilen.

Panggih

Setelah Akad Nikah (penyelenggaraan upacara pernikahan), acara tersebut diikuti oleh Upacara Panggih (bertemu). Selama upacara panggih, kedua mempelai bertemu dengan satu sama lain untuk pertama kalinya setelah resmi menjadi suami istri. Upacara Panggih dilaksanakan menjelang siang sekitar pukul 10.00 pagi di Tratag Bangsal Kencana.

Sementara itu, Sultan dan Ratu telah tiba lebih awal di Emper Kagungan Dalem Bangsal Kencana Wetan (teras Bangsal Kencana Timur). Pengantin pria yang didampingi para pengiringnya, kemudian dipanggil untuk menawarkan sanggan Pethukan, batang dihiasi pisang, bersama dengan edan-edanan parade.

Upacara tradisional ini diprakarsai oleh dua perempuan yang bertindak sebagai utusan dari keluarga sang mertua, yang melambangkan bahwa pengantin pria sudah siap untuk bertemu pengantin. Didampingi oleh dua utusan perempuan yang dikirim oleh orang tua pengantin wanita, pengantin pria kemudian dibawa ke ibunya mertua untuk meminta pengantin untuk dibawa keluar untuk menemuinya.

Setelah dihiasi batang pisang diterima oleh keluarga pengantin wanita, pengantin sendiri kemudian keluar bersama dengan kembar mayang, buket bunga yang terdiri dari pohon pisang dan daun kelapa. Sementar itu secara bersamaan, pengantin wanita berjalan di belakang dua sahabat, masing-masing yang membawa sepotong Kembar Mayang. Serupa pengantin wanita, pengantin pria juga didampingi dua potong Kembar Mayang.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan Balangan gantal ritual yang dilakukan oleh kedua pengantin. Pasangan ini melemparkan satu sama lain gantal , lembar daun sirih digulung diikat dengan benang putih atau lawe. Gulungan cuti sirih itu dilemparkan pada gilirannya.

Ritual Balangan gantal melambangkan bahwa dalam kehidupan pernikahan mereka di masa depan, mereka akan menemukan berbagai kesalahpahaman, yang semuanya harus berakhir dengan perdamaian. Hal ini karena kesalahpahaman merupakan bagian dari dinamika dalam kehidupan pernikahan.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan ritual bernama mecah Tigan (melanggar telur) yang dilakukan oleh pengantin pria. Pengantin pria mematahkan telur disiapkan dengan menginjak itu. Ini menandakan bahwa pasangan ini menginjak fase baru kehidupan, dari yang tunggal ke pria menikah dan wanita membangun keluarga baru.

Selesai dengan  mecah Tigan , yang berikutnya untuk mengikuti adalah  Wijikan.  Wijikan  adalah ritual di mana pengantin wanita membasuh kaki pengantin pria. Kaki mempelai pria dibenamkan ke dalam baki untuk memungkinkan pengantin untuk mencuci mereka. Wijikan melambangkan pengabdian istri terhadap suaminya.

Ritual terakhir dalam upacara disebut Pondhongan , yang berarti ”untuk membawa seseorang di tangan seseorang”. The Pondhongan ritual hanya dilakukan di Kraton, dan tidak akan ditemukan dalam setiap upacara pernikahan tradisional. Pondhongan ini dilakukan ketika pengantin wanita adalah putri seorang raja.

Dia akan dilakukan pada lengan dua orang-pamannya dan suaminya. Upacara melambangkan bahwa pengantin wanita, menjadi putri seorang raja, harus pada tempat yang terhormat. Pengantin perempuan akan dibawa dari Tratag Bangsal Kencana ke Utara Emper Kagungan Dalem atau teras Bangsal Kencana. Pasangan ini kemudian akan berjalan di tangan-tangan ke tahap pernikahan.

Setelah menyelesaikan ritual Pondhongan, tahap pernikahan kemudian akan ditindaklanjuti dengan sesi ucapan selamat. Setelah sesi ini, para tamu akan berjalan ke tahap pernikahan untuk mengucapkan selamat kepada pasangan serta keluarga mereka.

Setelah sesi berakhir, pasangan kemudian akan berjalan keluar dari Bangsal Kencana kembali ke Bangsal Kasatriyan, didampingi edan-edanan tari. Edan-edanan sendiri adalah ritual untuk menahan bahaya, di mana Abdi Dalem menempatkan make-up di mereka wajah dan tari. Ritual melambangkan bahwa indah dan gagah pengantin baru butuh keseimbangan, yang ditunjukkan melalui Dalems Abdi yang tampil seperti orang gila dengan pakaian compang-camping. Tarian ini juga ditujukan untuk menahan roh-roh jahat dari mengganggu upacara panggih.

Tampa Kaya & Dahar Klimah

Setelah Panggih ritual, upacara dilanjutkan dengan set ritual, para Tampa kaya dan Dhahar Klimah yang diadakan di Bangsal Kasatriyan, sekitar pukul 12.00 siang.

Selama Kaya ritual Tampa, kedua pengantin memasuki ruangan di Bangsal Kasatriyan. Di ruangan ini, pengantin pria duduk di tepi pendaringan (semacam tempat tidur) dan pengantin wanita duduk di lantai di depan. Sebelah kaki pengantin pria, ada paket barang yang terdiri dari koin emas, dan segala macam ubarampe, berbagai benih, padi, dan dimes melambangkan kekayaan, yang kemudian disimpan oleh pengantin wanita.

Konsep Tampa Kaya mengandung makna bahwa suami memiliki kewajiban untuk mencari nafkah untuk istri. Upacara ini ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan Dhahar Klimah. Di sini, pengantin pria memnyerahkan bola nasi untuk diumpankan ke pengantin wanita. Sebaliknya, pengantin pria mendapatkan tiga bola nasi kuning beserta lauk untuk dimakan oleh pengantin wanita. Besarnya nasi diambil oleh pengantin pria dalam angka ganjil karena diyakini bahwa angka ganjil mampu menghindari bahaya. Upacara ini berarti bahwa seorang suami harus siap untuk mendukung keluarganya. Setelah itu, kedua pengantin akan makan bersama.

Kedua ritual tersebut melambangkan hubungan suami dan istri. Mereka berarti untuk mengidentifikasi tanggung jawab kedua orang sebagai suami dan istri, di mana suami menyediakan untuk keluarga dan istri harus bijak dan bertanggung jawab untuk menjaga dan mengelola mata pencaharian yang diberikan. (kratonwedding.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home