Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 05:45 WIB | Sabtu, 25 September 2021

Studi: Llama Mungkin Jadi Senjata Ampuh Melawan COVID-19

Hewan llama. (Foto: dok. Ist)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Peneliti Inggris percaya bintang llama dapat menjadi kunci terapi kekebalan COVID-19 baru setelah uji coba awal menunjukkan "potensi yang signifikan."

Para ilmuwan di Rosalind Franklin Institute di Oxfordshire telah mengadakan tes pada seekor llama bernama Fifi yang sistem kekebalannya telah menyediakan template untuk terobosan pengobatan yang berpotensi pada virus corona.

Para ahli mengatakan terapi COVID-19 yang berasal dari llama dapat memberikan pengobatan yang terbuat dari "nanobody", versi antibodi yang lebih kecil dan lebih sederhana, menurut laporan BBC.

llama dan unta menghasilkan tubuh nano (nanobody) secara alami sebagai respons terhadap infeksi.

Setelah terapi diuji pada manusia, kata para ilmuwan, itu bisa diberikan dalam bentuk semprotan hidung sederhana, untuk mengobati dan bahkan mencegah infeksi dini.

Prof Naismith, yang merupakan salah satu peneliti utama dan direktur Institut Rosalind Franklin, menjelaskan bahwa hewan pengerat yang terinfeksi virus corona yang diobati dengan semprotan hidung nanobody pulih sepenuhnya dalam enam hari.

Pengobatan sejauh ini telah diuji hanya pada hewan laboratorium itu, tetapi Kesehatan Masyarakat Inggris mengatakan itu adalah salah satu yang "paling efektif" melawan SARS-CoV-2.

Potensi melawan COVID-19 yang nyata ini berasal dari kekuatan nanobodi yang mengikat virus.

Nanobody khusus virus menempel dan mengikat virus dan bakteri yang menyerang tubuh.

Pengikatan ini pada dasarnya menandai virus yang menyerang dengan "bendera merah" kekebalan untuk memungkinkan sisa gudang senjata kekebalan tubuh menargetkannya untuk dihancurkan.

Nanobody yang diproduksi para peneliti ini, dengan bantuan sistem kekebalan llama, sangat terikat erat. “Di situlah kami mendapat bantuan dari Fifi, llama dari Franklin Institute,” jelas Prof Naismith.

Dengan memvaksinasi Fifi dengan sepotong kecil protein virus yang tidak menular, para ilmuwan merangsang sistem kekebalannya untuk membuat molekul khusus. Para ilmuwan kemudian dengan hati-hati memilih dan memurnikan nanobody paling kuat dalam sampel darah Fifi; yang paling cocok dengan protein virus, seperti kunci yang paling cocok dengan kunci tertentu.

Tim kemudian mampu menumbuhkan sejumlah besar molekul paling kuat yang dipilih secara khusus.

Prof Naismith mengatakan kepada BBC News: "Sistem kekebalan sangat luar biasa sehingga masih bekerja lebih baik dari yang kita bisa, evolusi yang sulit dikalahkan."

Profesor Naismith dan rekan-rekannya, yang mempublikasikan penelitian mereka di jurnal Nature Communicationssepakat bahwa, bahkan dengan keberhasilan vaksin COVID, dan memiliki perawatan yang efektif, di masa depan temuan ini akan sangat penting.

“Tidak semua dunia divaksinasi dengan kecepatan yang sama,” katanya, “dan masih ada risiko varian baru yang mampu melewati kekebalan vaksin yang muncul.”

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home