Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 11:12 WIB | Jumat, 27 Februari 2015

Sudirman Said Klaim Tim Reformasi Migas Penuhi Harapan Publik

Menteri ESDM Sudirman Said (kemeja putih) pada uji coba Pelayanan Terpadu Satu Pintu. (Foto: Prasasta Widiadi).

PALEMBANG, SATUHARAPAN.COM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menjelaskan pembentukan Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi merupakan salah satu memenuhi harapan masyarakat.

“Pembentukan ini bertujuan untuk mereka  yang ingin melihat  pengelolaan energi di Indonesia,” kata Sudirman Said saat memberikan kuliah umum dihadapan para wisudawan  Universitas Sriwijaya, Kamis, (26/02).

Kementerian ESDM telah membentuk tim tersebut dengan mengikut sertakan komponen masyarakat dan beberapa pemangku kepentingan.  Tim tersebut  diketuai Prof Prof.Dr, Faisal Basri.,SE.,MA dan bertugas melakukan review seluruh proses perijinan dari hulu ke hilir, dan selanjutnya memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk menuju tata kelola yang lebih baik.

Masalah-masalah yang timbul dalam pengelolaan migas ada kecenderungan diakibatkan oleh perilaku atau behavior para pemburu rente,  sebagai contoh, banyak pemegang wilayah kerja yang tidak dikerjakan dengan baik, kemudian banyak proses-proses bisnis dibelakang layar atau meja yang tidak transparan itu harus yang akan selesaikan.

Tim Reformasi Tata Kelola Migas juga  akan menata perijinan dari Hulu ke Hilir dan melakukan review ulang kelembagaan yang terkait dengan pengolaan Migas. mempercepat revisi UU Migas dan merevisi proses bisnis untuk mencegah adanya pemburu rente dalam setiap rantai nilai industri migas. Tim Reformasi Tata Kelola Migas  tengah membahas sejumlah opsi mengenai wacana perubahan kontrak bagi hasil (production sharing contract) dalam pengusahaan sektor hulu minyak dan gas bumi.  

Opsi yang mengemuka antara lain mempertahankan konsep production sharing contract (PSC) yang sudah ada, mengubah PSC menjadi pajak dan royalti, atau menerapkan service contract  sebagai alternatif. (esdm.go.id).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home