Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 08:01 WIB | Kamis, 11 Juni 2020

Sulawesi Utara: Produk Turunan Kelapa Menjanjikan bagi Ekonomi Petani

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey. (Foto: dok. Antara)

MANADO, SATUHARAPAN.COM-Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, optimistis pemanfaatan turunan produk kelapa memberikan nilai tambah besar bagi petani. Produk kelapa utuh dari air kelapa, daging dan tempurungnya, semua produknya bisa diekspor langsung ke Amerika Serikat.

"Potensi produk kelapa kita ke depan sangat menjanjikan," katanya pada webinar nasional "Kelapa untuk Kesehatan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia di masa Pandemi COVID-19", di Desa Kolongan, Kabupaten Minahasa Utara, hari Rabu (10/6) dikutip Antara.

Petani di provinsi itu, yang berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa, dikembangkan dari petani kopra menjadi petani kelapa, sehingga manfaat produk kelapa bisa dirasakan secara langsung dengan produk turunannya.

Sulut tengah mendorong pengembangan industri pengolahan dan mengatasi kendala transportasi pada industri kelapa, dan berharap itu bis amemanfaatkan superhub di wilayah timur.

Dua bulan lalu Menteri Perdagangan membuka pintu mengekspor langsung, tetapi Menteri Perhubungan masih mengunci jalur kapal. “Dengan superhub ini yang kita lakukan bisa berjalan baik," katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home