Loading...
EKONOMI
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:59 WIB | Kamis, 21 Agustus 2014

Sulut Dorong Arang Tempurung Jadi Karbon Aktif

Karbon aktif dari tempurung kelapa (Foto : nanosmartfilter.com).

MANADO, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, akan mendorong petani di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), untuk mengusahakan arang tempurung menjadi karbon aktif.

"Arang tempurung, merupakan produk turunan kelapa, yang bisa dimanfaatkan menjadi karbon aktif, yang bisa diekspor dengan nilai tambah yang tinggi," kata Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Alwy Pontoh, di Manado, Kamis (21/8).

Arang tempurung kelapa, yang selama ini hanya sebagai bahan bakar, untuk pemanggangan ikan atau makanan lain, akan ditingkatkan menjadi karbon aktif.

"Di balik kehitaman arang tempurung tersebut, ternyata menyimpan nilai ekonomis lebih tinggi dijadikan karbon aktif," kata Alwy.

Dia menjelaskan, karbon aktif dari arang tempurung, ternyata sangat diminati bahkan dicari para perusahaan pertambangan untuk memisahkan logam.

"Saat ini banyak perusahaan dari Filipina, yang mencari karbon aktif dari arang tempurung, dalam jumlah yang sangat banyak, dan kami berharap dengan pengembangan ini, Sulut mampu memasok permintaan produk tersebut," jelas Alwy.

Alwy mengatakan, saat ini sudah sementara dikembangkan karbon aktif, dari arang tempurung di Kabupaten Mitra.

"Petani yang mengembangkan karbon aktif ini, mendapat bantuan alat dari Kementerian. Diharapkan usaha ini akan terus berkembang karena memiliki nilai tambah yang tinggi bagi petani," jelas Alwy.

Tugas pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, untuk terus memfasilitasi dan memberikan pelatihan, sehingga produk karbon aktif tersebut, terus berlanjut dan mampu memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun mancanegara.

Karbon aktif, berfungsi sebagai filter, untuk menjernihkan air, pemurnian gas, industri minuman, farmasi, katalisator dan berbagai macam penggunaan lainnya. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home