Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 17:15 WIB | Minggu, 24 Juli 2016

Survei Menunjukkan Warga Makin Puas dengan Kinerja Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan di hadapan tamu undangan, anggota dan pengurus koperasi sejumlah daerah pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-69 di halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis (21/7). Dalam Peringatan Harkopnas yang mengangkat tema "Reformasi Koperasi Mewujudkan Ekonomi Berdikari" tersebut, Presiden menekankan perlunya koperasi menyesuaikan diri dengan tantangan era teknologi informasi yang membutuhkan kecepatan dan efisiensi dalam bekerja. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Hasil survei national 'Kinerja Pemerintah Dua Tahun Pilpres' oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan saat ini sebanyak 67 persen warga negara Indonesia menyatakan puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sementara hanya 30 persen warga yang menyatakan kurang tau tidak puas. Jika dibandingkan dengan hasil survei satu tahun lalu, yang menyatakan puas dengan kinerja Jokowi baru mencapai 41 persen sementara yang menyatakan kurang atau tidak puas mencapai 55 persen.

Penelitian bersakala nasional itu sendiri dilakukan pada 22-28 Juni 2016, dengan jumlah responden 1.027, yang ditarik secara multistage random sampling.

Sejalan dengan itu, rakyat Indonesia terlihat semakin optimistis dengan kepemimpinan Jokowi. Survei SMRC yang dipresentasikan di Jakarta, hari Minggu (24/7) menunjukkan warga yang yakin akan kemampuan Jokowi memimpin Indonesia sehingga menjadi lebih baik mencapai 72 persen, sementara yang kurang/tidak yakin hanya mencapai 22 persen. 

Rakyat Indonesia juga nampak optismistis dengan perjalanan bangsa di bawah Jokowi. Sekitar 76,5 persen warga menyatakan Indonesia bergerak ke arah jalan yang benar, sementara hanya 12,5 persen yang menyatakan ke arah yang salah.

Demikian pula 62,5 persen warga menyatakan puas dengan jalannya demokrasi, sementara yang menyatakan kurang/tidak puas hanya 29 persen.

Optimisme ini juga terlihat ketika responden diminta membayangkan kondisi ekonomi sekarang dan setahun ke depan.

Sedangkan kinerja pemerintahan Jokowi pada membuat harga pokok terjangkau, menyediakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran, dan mengurangi jumlah orang miskin, masih dianggap kurang menggembirakan. (saifulmujani.com)

Survei: 72% Masyarakat Yakin Jokowi Mampu Memimpin Indonesia


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home