Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:52 WIB | Selasa, 26 Januari 2016

Suu Kyi Temui Kepala Militer Myanmar Bahas Transisi Politik

Pemimpin Partai NLD, Aung San Suu Kyi. (Foto: Reuters)

YANGON, SATUHARAPAN.COM - Aung San Suu Kyi dan kepala militer Myanmar melakukan pembicaraan terbaru mereka pada hari Senin (25/1) membahas tentang transisi politik di negara tersebut, beberapa hari sebelum badan legislatif yang didominasi militer diserahkan kepada parlemen paling demokratis dalam beberapa generasi.

Diskusi itu merupakan upaya terbaru untuk memperlancar transfer kekuasaan setelah kemenangan besar diraih partai Liga Nasional untuk Demokrasi naungan Suu Kyi dalam pemilu November lalu, yang akan membawa perubahan bagi negara setelah beberapa dekade berada di bawah kekuasaan militer.

Pembicaraan itu meliputi pembahasan mengenai “transisi, perdamaian dan stabilitas pascapemilu, parlemen serta pembentukan pemerintahan yang baru,” menurut pernyataan singkat di laman resmi Facebook Jenderal Senior Min Aung Hlaing.

Para pengamat melihat pendekatan antara Suu Kyi (70) dan kepala militer sebagai langkah yang krusial untuk memastikan penyerahan politik sesuai rencana.

Pertemuan tertutup selama dua jam tersebut dilakukan untuk kedua kalinya sejak pemilu berlangsung.

Anggota parlemen dari partai Liga Nasional untuk Demokrasi akan mengambil kursi mereka di parlemen di ibu kota Naypyidaw mulai 1 Februari. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home