Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:02 WIB | Kamis, 12 November 2015

Partai Suu Kyi Tinggal Butuh 3 Kursi Untuk Menang Telak

Seorang pria melihat sebuah grafiti ucapan selamat pemimpin oposisi Myanmar, Aung San Suu Kyi atas kemenangan pemilu partainya di Mandalay, Myanmar, hari Rabu (11/11). (Foto: thehindu.com)

MYANMAR, SATUHARAPAN.COM - Partai oposisi Aung San Suu Kyi dipastikan memenangkan pemilu Myanmar yang akan diumumkan secara resmi pada hari ini, Kamis (12/11). Kemenangan itu sebagai hasil dari pemilihan umum yang bersejarah di Myanmar, yang menjadi cermin dukungan besar bagi pejuang pro-demokrasi dan penolakan kuat terhadap kekuasaan militer.

Perhatian utama tertuju pada hari Kamis yang diharapkan mendapatkan "angka ajaib" untuk partai Suu Kyi. Komisi Pemilihan Umum mengumumkan hasil lebih lanjut, menunjukkan Partai Liga Nasional Demokrasi (NLD) hanya membutuhkan tiga kursi untuk memperoleh 329 kursi yang dibutuhkan untuk mayoritas 664 anggota, di parlemen dua kamar.

Pemilu tidak dilaksanakan di tujuh konstituen, yang berarti mayoritas sederhana dapat tercapai jika memenangi 329 kursi. NLD telah memenangkan 243 kursi di majelis rendah dan 83 kursi di majelis tinggi dengan total 326 kursi. Hasil selanjutnya akan diumumkan pada sore hari.

Kelancaran Pergantian Kekuasaan

Lembaga militer belum secara resmi mengakui kekalahan mereka tetapi telah mengakui keberhasilan besar partai Suu Kyi, dan memastikan mereka akan menghormati hasil akhir dari hasil pemilu.

Partai Suu Kyi mengatakan hari Rabu menerima pesan dari Menteri Informasi Ye Htut atas nama Presiden Thein Sein, yang mengucapkan selamat atas keberhasilannya memimpin perebutan kursi parlemen pada pemilihan 8 November.

Ye Htut mengatakan pemerintah akan mengupayakan pergantian kekuasaan dengan damai "sesuai dengan amanat perundang-undangan." Thein Sein merupakan mantan jenderal yang telah memimpin pemerintahan yang didukung militer selama lima tahun terakhir.

Pesan itu mengurangi kekhawatiran banyak pihak bahwa militer, yang memiliki pengaruh besar atas partai yang berkuasa, mungkin menolak kekuatan NLD, seperti yang terjadi setelah pemilu tahun 1990. (thehindu.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home