Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 06:12 WIB | Jumat, 24 April 2015

Swasembada Beras, DPR Minta Kalteng Tiru Kalsel

Ilustrasi: Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu meninjau stok beras di salah satu pasar tradisional di Jakarta. (Foto: setkab.go.id).

PELAIHARI, SATUHARAPAN.COM – Keberhasilan Provinsi Kalimantan Selatan dalam swasembada beras diharapkan menginspirasi Kalimantan Tengah.  

"Keberhasilan swasembada beras Kalsel perlu ditiru Kalteng, terutama sekali di beberapa kabupaten penghasil beras di Kalteng, dan hal seperti ini sangatlah penting untuk upaya ketahanan pangan di daerah," kata Anggota Komisi IV DPR RI, H Hamdani, di Pelaihari, Kalimantan Tengah, Kamis (23/4).

Menurut kader Partai NasDem itu, ada beberapa kabupaten di Kalteng memiliki potensi untuk pengembangan pertanian tanaman pangan, seperti Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau.

Hamdani menambahkan apabila Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) disahkan, maka lahan yang akan digunakan untuk lahan pertanian  tidak boleh dialihfungsikan.

"Lahan pertanian harus diperuntukan untuk kegiatan usaha tani tanaman pangan dan hortikultura," dia menegaskan.

Lebih lanjut dia mengemukakan, dari hasil kunjungannya kebeberapa kabupaten di Kalimantan Selatan, ada dua kabupaten di Kalsel usaha taninya berkembang baik dan patut ditiru bagi Kalteng.

“Dua kabupaten itu adalah Kabupaten Tanah Laut berhasil mengembangkan jagung, sapi, dan buah naga, sedangkan Kabupaten Banjar berhasil mengembangkan usaha di bidang perikanan darat,” dia menegaskan.

Melihat kenyataan tersebut, sangatlah mungkin pengembangan usaha tani tanaman pangan, peternakan, dan perikanan darat juga berkembang di Kalteng.

“Bahkan, Kalteng memiliki garis pantai yang cukup panjang, tentunya potensi perikanan laut perlu dioptimalkan produksi hasil tangkapannya. Begitu juga potensi laut lainnya. Saat ini terkesan belum optimal digali sebagai salah satu sumber pendapatan daerah,” dia menegaskan (Ant).

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home