Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:01 WIB | Rabu, 22 Juli 2015

Tasmanian Devil Divaksinasi Cegah Kepunahan

Tasmanian Devil Divaksinasi Cegah Kepunahan
Tasmanian Devil. (Foto: radioaustralia.net.au)
Tasmanian Devil Divaksinasi Cegah Kepunahan
Dr Ruth Pye dan Dr Alex Kreiss dari Menzies Institute menyuntik seekor Tasmanian devil.

TASMANIA, SATUHARAPAN.COM – Sejumlah Tasmanian devil yang telah divaksinasi kini siap untuk dilepaskan kembali ke habitatnya. Vaksin diberikan untuk mencegah penyakit tumor wajah yang mengancam kepunahan hewan khas Australia ini.

Para peneliti dari Menzies Institute pada Universitas Tasmania melakukan vaksinasi terhadap 19 ekor Tasmanian devil yang berhasil disangkarkan.

Menurut perkiraan, setidaknya 90 persen populasi hewan ini telah punah dalam beberapa tahun terakhir akibat jenis penyakit tumor yang menyerang bagian mulut dan kepala.

Para peneliti mengembangkan vaksin dengan cara menumbuhkan sel tumor di laboratorium, membunuh sel-sel tersebut, dan kemudian mencampurkannya dengan zat yang meredakan peradangan.

Tadinya vaksin ini diberikan kepada enam ekor Tasmanian devil, dengan hasil lima di antaranya memberikan respon positif. Artinya, dengan vaksin tersebut kekebalan tubuh hewan ini mampu melakukan serangan terhadap tumor.

Salah seorang peneliti Dr Ruth Pye menjelaskan, mereka belum bisa memastikan tingkat keberhasilan vaksin hasil awal tersebut memberikan harapan.

"Kebanyakan hewan ini menunjukkan respon menggembirakan namun hasil pastinya baru bisa diketahui pada Agustus mendatang," katanya.

Direncanakan, Tasmanian devil yang telah menjalani vaksinasi lengkap akan dilepaskan ke Taman Nasional Narawntapu di Tasmania pada bulan September. (radioaustralia.net.au)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home