Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:35 WIB | Senin, 13 Oktober 2014

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Masuk PTN Melalui Bidikmisi

Ilustrasi Beasiswa Bidikmisi. (Foto: kemdiknas.go.id)

SATUHARAPAN.COM - Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi), adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kepada mahasiswa dari keluarga ekonomi terbatas tetapi memiliki potensi akademik memadai.

Sejak pintu akses dibuka pada 2010, seperti dikutip dari kompas.com, 149.180 mahasiswa (sampai tahun akademik 2012/2013), anak keluarga miskin, dapat mengenyam pendidikan tinggi di berbagai kampus terkenal di Indonesia, termasuk di perguruan tinggi swasta, yang dimulai sejak 2012. Mereka terbukti dapat mengikuti perkuliahan dengan baik, bahkan banyak di antara mereka yang mampu berprestasi.

Saharuddin misalnya, dari Politeknik Negeri Pangkep. Mahasiswa dari keluarga petani miskin ini meraih IP 4.00, dan didapuk sebagai mahasiswa yang lulus paling baik.

Puji, selama lima semester berturut-turut di Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, mampu mempertahankan IP 4,00. Rekannya, sesama penerima Bidikmisi dari fakultas dan universitas yang sama, Risma Pratiwi, juga mampu mengukir prestasi IPK 3,9.

Hanya dua kementerian yang memperoleh Bantuan Bidikmisi yang digelontorkan pemerintah, yaitu Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang kemudian diteruskan di masing-masing perguruan tinggi di bawah dua kementerian tersebut.

Bagaimana cara mendaftar beasiswa Bidikmisi? Berikut ini alur tahapan mendaftar Bidikmisi  dan syarat-syarat bagi calon mahasiswa yang ingin masuk perguruan tinggi melalui jalur Bidikmisi.

Tahapan Pendaftaran Program Bidikmisi

-Sekolah melakukan pendaftaran pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/daftar dan ikuti petunjuk pendaftaran yang tertera

-Sekolah akan mendapatkan kode akses yang akan diverifikasi paling lama 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.

-Sekolah menggunakan kombinasi  Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode akses yang sudah diverifikasi pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/login

-Sekolah mengisi data yang dibutuhkan, mulai data ujian nasional (unas), prestasi murid dalam sekolah, daftar siswa yang akan lulus dan sudah lulus, dan merekomendasikan yang memenuhi persyaratan program Bidikmisi

-Siswa mendaftar Bidikmisi melalui http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan mengisi data sesuai petunjuk di dalam sistem pendaftaran

-Siswa yang sudah sampai pada tahapan memilih seleksi, akan mendapatkan PIN yang jika diminta dapat digunakan pada laman pendaftaran seleksi masuk

-Persiapan dokumen yang harus disiapkan oleh masing masing pendaftar program Bidikmisi.

-Kartu dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang bisa dicetak seusai ujian nasional di sistem pendaftaran Bidikmisi

-Surat keterangan miskin dari desa/kelurahan setempat, dalam hal tidak memiliki akses terhadap desa/kelurahan bisa diganti dengan surat keterangan dari rt/rw/tokoh masyarakat.

-Surat keterangan gaji (khusus pegawai negeri/swasta) atau surat pernyataan dari orang tua (khusus pegawai informal/wiraswasta) yang mencantumkan rata rata pendapatan selama 6 bulan terakhir dari ayah dan ibu.

-Fotokopi tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, bukti pembayaran PBB bila ada untuk 3 bulan terakhir. Dalam hal listrik, air, dan internet, dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.

-Bukti-bukti prestasi yang dicantumkan dalam bentuk sertifikat /foto piala yang mencantumkan nama dan diperkuat dengan surat keterangan dari sekolah.

-Surat keterangan/dokumen/ ijazah dari kepada sekolah tentang kelulusan jenjang pendidikan sebelumnya.

-Fotokopi rapor/laporan hasil studi dari semester 1.

 Semua dokumen tidak perlu dikirimkan ke PT yang dilamar, hanya perlu dibawa pada saat pendaftaran ulang mahasiswa. Hal ini berlaku kecuali ditentukan lain oleh PT terkait.

Pendaftaran Seleksi Masuk Program Bidikmisi

 Seusai mendaftar Bidikmisi, peminat harus mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi, di antaranya SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Lokal (Mandiri). Pendaftar Bidikmisi agar mengikuti ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh masing masing seleksi tersebut.

Mengikuti Seleksi Masuk

 Peserta yang sudah terdaftar akan diseleksi sesuai ketentuan masing-masing seleksi masuk, dan jika lulus seleksi masuk, dapat melakukan daftar ulang dengan ketentuan panitia seleksi masuk dan Bidikmisi

-Pendaftaran Ulang Program Bidikmisi 

 -Peserta yang lulus seleksi masuk (SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri) agar membawa dokumen yang disyaratkan panitia seleksi masuk dan program Bidikmisi

- Semua pendaftaran yang difasilitasi oleh perguruan tinggi akan tercatat melalui SIM Bidikmisi (pendaftaran online Bidikmisi) dan akan diperhatikan secara khusus.

Penghentian Beasiswa

Pemberian beasiswa dihentikan apabila mahasiswa penerima beasiswa:

-Terbukti memberikan keterangan yang tidak benar atau melakukan pelanggaran administratif pada berkas yang disampaikan, tidak memenuhi persyaratan akademik yang ditetapkan oleh perguruan tinggi penyelenggara, melakukan pelanggaran terhadap tata tertib kehidupan kampus dan peraturan lain yang berlaku di perguruan tinggi penyelenggara, mengundurkan diri. (daftar.bidikmisi.dikti.go.id/ la.casacomics blogspot.com)

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home