Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 16:23 WIB | Selasa, 21 Mei 2013

Tenaga Angin Menyumbang 3 Persen Energi Dunia

Tenaga Angin Menyumbang 3 Persen Energi Dunia
Turbin untuk menghasilkan listrik dari tenaga angin yang dibangun dalam ukuran besar di lepas pantai.
Tenaga Angin Menyumbang 3 Persen Energi Dunia
Turbin ukuran kecil di desa untuk kebutuhan listrik local. (Foto-foto: dw.de)

BONN, SATUHARAPAN.COM - Laporan terbaru yang dikeluarkan oleh World Wind Energy Association (WWEA, Asosiasi Energi Angin Dunia) memperlihatkan perkembangan pesat pemanfaatan tenaga anging, khususnya untuk menghasilkan listrik.

Pada tahun 2012 jumlah turbin angin yang dibangun menunjukkan angka tertinggi yang pernah tercatat. Kebanyakan dibangun di Eropa, Asia dan Amerika Utara. Namun mulai juga merambah ke Amerika Latin dan Eropa Timur.

Sekitar seratus negara tercatat menggunakan tenaga angin, yang sekarang mencakup tiga persen dari kebutuhan listrik dunia.

WWEA yang berkantor di Bonn, Jerman,  menyebutkan bahwa kapasitas tenaga angin di seluruh dunia mencapai 282.275 Megawatt. Tambahan sebesar 44.609 Megawatt merupakan produksi dari turbin yang dibangun pada tahun 2012.

Laporan itu menunjukkan bahwa  pertumbuhan energi tenaga angin sebesar 19,2 persen. Namun angka ini merupakan tingkat terendah dalam lebih dari satu dekade.

Disebutkan bahwa semua turbin angin yang terpasang pada akhir tahun 2012 di seluruh dunia dapat menyumbang sebesar  580 Terawatthours (tera watt jam) per tahun. Angka ini baru menunjuk pada tiga persen lebih dari seluruh kebutuhan listrik dunia, dan diperkirakan akan terus meningkat.  Sektor angin pada tahun 2012 memiliki omset sebesar US$ 75 miliar atau lebih dari Rp 675 triliun.

Energi angin dikenal murah dan ramah lingkungan, serta risiko keamanan yang rendah. Dan belakangan ini di berbagai negara dikembangkan untuk ukuran kecil maupun raksasa.

Biaya yang dikeluarkan untuk setiap kilowatt jam dengan turbin angin menurut WWEA adalah sepuluh sen Euro atau sekitar Rp 1.200.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home