Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 15:26 WIB | Sabtu, 14 Maret 2015

Tentara Nigeria Temukan Pabrik Bom Boko Haram

Sebuah foto yang diambil pada 13 Februari 2015 menunjukkan Desa Nougboua setelah diserang pemberontak Nigeria Boko Haram. Pemberontak Boko Haram melancarkan serangan pertama mereka pada Jumat di Chad, menargetkan sebuah desa di pantai Danau Chad sebagai bagian dari pemberontakan yang menyebar ke empat negara. (Foto: AFP/Stephane Yas)

ABUJA, SATUHARAPAN.COM – Militer Nigeria pada Jumat (13/3) mengatakan pihaknya menemukan sebuah pabrik pembuat bom Boko Haram di Kota Buni Yadi setelah tentara merebut kembali kota itu dari pemberontak.

Para pejuang Islamis merebut Buni Yadi di Negara Bagian Yobe pada Agustus tahun lalu saat Boko Haram menguasai sejumlah besar teritorial di wilayah timur laut Nigeria yang dilanda krisis.

Militer mengumumkan pihaknya kembali menguasai kontrol Sabtu (7/3) lalu.

Juru bicara pertahanan Chris Olukolade mengatakan bahwa operasi pencarian di wilayah itu menghasilkan penemuan pabrik pembuat bom yang merakit improvised explosive devices atau IED.

“IED dalam jumlah besar, termasuk bom yang sering digunakan oleh pengebom bunuh diri, ditemukan di lokasi itu,” tambahnya dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui surat elektronik.

“Pabrik tersebut, yang berlokasi di sebuah perusahaan pupuk, juga mengubah sebagian material yang dibutuhkan untuk memproduksi semua jenis IED.

“Para tentara masih mengevakuasi material yang mencakup rompi bunuh dini dalam jumlah besar dari fasilitas itu ke pangkalan mereka.” (AFP)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home