Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 21:20 WIB | Sabtu, 14 Maret 2015

Paus Fransiskus Isyaratkan Mengundurkan Diri 3 Tahun Lagi

Paus Fransiskus (Foto: independent.co.uk).

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM - Bukan hal aneh apabila Puas Fransiskus melontarkan pernyataan-pernyataan mengejutkan.  Kini ia menambah satu pernyataan mengejutkan lain: ia mengisyaratkan akan mengundurkan diri dua atau tiga tahun lagi. Bahkan sangat mungkin mundur lebih cepat lagi.

"Saya memiliki perasaan bahwa kepausan saya akan singkat, empat atau lima tahun - saya tidak tahu, bahkan dua atau tiga tahun," katanya dalam sebuah wawancara berbahasa Spanyol dengan televisi Meksiko, Televisa.

"Saya memiliki perasaan bahwa Tuhan telah menempatkan saya di sini untuk waktu yang singkat, tapi itu hanya perasaan."

Fransiskus, 78, menambahkan, Paus Benediktus XVI menunjukkan keberanian besar ketika ia memutuskan untuk mundur dan menjadi paus emeritus  pada tahun 2013.

"Saya pikir apa yang Benediktus lakukan dengan begitu banyak keberanian, membuka pintu untuk paus emeritus," kata Fransiskus  dalam wawancara yang disiarkan pada hari Kamis (10/3). "Benediktus tidak harus dianggap sebagai pengecualian, tetapi sebagai sebuah institusi."

Fransiskus, yang menandai ulang tahun kedua pemilihannya, juga merenung tentang apa yang ia rindukan sebagai paus.

"Satu-satunya hal yang saya ingin adalah bisa keluar satu hari, tanpa dikenali, dan pergi ke restoran pizza untuk makan pizza," katanya. (nbcnews.com)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home