Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:38 WIB | Jumat, 16 Februari 2024

Tentara Ukraina Deteksi “Wortel” dan “Teh” Rusia untuk Menyelamatkan Nyawa Prajurit

Seorang perwira Ukraina Maksym mendengarkan obrolan Rusia di tempat perlindungan dekat Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina, Rabu, 24 Januari 2024. Pasukan Ukraina semakin menggunakan taktik kuno: intelijen yang diperoleh dari penyadapan radio, dalam upaya putus asa untuk melestarikan sumber daya mereka yang paling penting. Pekerjaan penyadapan yang melelahkan ini adalah bagian dari upaya yang lebih besar untuk memperkuat dan menyempurnakan kemampuan peperangan elektronik sehingga tentara dapat diperingatkan lebih awal mengenai serangan yang akan datang, sekaligus memiliki informasi intelijen di medan perang yang diperlukan untuk membuat serangan mereka lebih mematikan. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)

HUTAN SEREBRYANSKY-UKRAINA, SATUHARAPAN.COM-Ketika radio dipenuhi dengan komunikasi musuh yang sulit diuraikan, salah satu komando Rusia dengan jelas menyatakan: “Seduh lima kantong teh China dengan 38 jeruk.”

Seorang tentara Ukraina yang dikenal di medan perang sebagai Mikhass mampu dengan cepat memecahkan kode omong kosong tersebut. Artinya: Siapkan lima peluru artileri buatan Beijing dan tembakkan ke posisi tertentu Ukraina di Hutan Serebryansky, yang membentuk garis depan di wilayah timur laut negara yang bergolak.

Bersembunyi di ruang bawah tanah sebuah rumah kosong yang berjarak 12 kilometer, Mikhass segera memperingatkan komandan unit yang ditempatkan di bagian hutan tersebut, memberinya waktu penting untuk memasukkan anak buahnya ke dalam parit, dan menyelamatkan nyawa mereka.

Dalam kondisi defensif dan sangat kekurangan amunisi dan tentara setelah dua tahun perang, pasukan Ukraina semakin menggunakan taktik kuno: intelijen yang diperoleh dari penyadapan radio, dalam upaya putus asa untuk melestarikan sumber daya paling penting mereka.

Pekerjaan yang melelahkan ini merupakan bagian dari upaya yang lebih besar untuk meningkatkan dan menyempurnakan kemampuan peperangan elektronik sehingga tentara dapat diperingatkan lebih awal mengenai serangan yang akan datang, sekaligus memiliki kecerdasan di medan perang yang diperlukan untuk membuat serangan mereka lebih mematikan. Untuk mencegah serangan drone musuh, gangguan sinyal juga meningkat.

Setelah berbulan-bulan mengalami kebuntuan di sepanjang garis depan sepanjang 1.000 kilometer (621 mil), Ukraina memperkirakan akan terjadi serangan sengit pada tahun depan dari musuh Rusia yang bertekad melemahkan pertahanannya untuk menciptakan terobosan. Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan tidak akan ada perdamaian sampai Rusia mencapai tujuannya, termasuk merebut kembali seluruh wilayah Donbas di Ukraina timur, yang dianeksasi secara ilegal pada tahun 2022.

Komandan yang diangkat pekan lalu untuk memimpin tentara Ukraina, Jenderal Oleksandr Syrskyi, telah menyoroti pentingnya peperangan elektronik, dan kementerian pertahanan negara tersebut telah meningkatkan pengeluaran untuk sumber daya manusia dan teknologi di baliknya.

Menyelamatkan Prajurit

Rusia, yang menguasai sekitar seperlima wilayah Ukraina, memiliki keuntungan dari industri senjata dalam negeri yang lebih maju dan menggunakan wajib militer dan paksaan untuk memanggil pasukan.

Bagi Ukraina, kekurangan amunisi telah memaksa brigade untuk menggunakan peluru secara hemat dan hanya setelah menemukan sasaran yang tepat. Kesulitan dalam memobilisasi pasukan berarti para komandan Ukraina harus ekstra melindungi nyawa tentara ketika mereka mencoba menangkis serangan ganas Rusia.

Dalam konteks inilah pengawasan, penyadapan, dan gangguan yang lebih baik menjadi lebih mendesak.

Beberapa kilometer di selatan tempat Mikhass ditempatkan, di kota Konstantinivka di wilayah Donetsk, unit Electronic Warfare Brigade ke-93 menggunakan jammer untuk mencegah serangan drone, penyebab utama cederanya tentara di wilayah tersebut.

Komandan peleton waspada, menatap laptop yang menunjukkan sinyal ditangkap oleh antena kecil yang ditanam di dekat garis depan. Ketika drone penyerang Lancet Rusia mendekati area operasi mereka, layarnya menyala dengan aktivitas.

Komandan, yang dikenal di medan perang sebagai Oleksandr, menekan tombol untuk mengaktifkan jammer yang mengganggu radar drone; ini sama saja dengan menyinari mata seseorang untuk membuat mereka bingung.

“Itu suatu keharusan,” katanya tentang operasi mereka. “Banyak orang meninggal karena drone.”

Operator radio seperti Mikhass bekerja secara bergiliran sepanjang waktu.

Antena yang ia andalkan untuk menangkap sinyal radio Rusia disamarkan, menonjol keluar dari pepohonan di hutan dekat Kreminna, dekat dengan posisi Rusia. Dari pusat komando bawah tanah yang tenang di dekatnya, Mikhass dan tentara lainnya sambil merokok dan mendengarkan melalui headphone.

Antena pencari sinyal baru dan canggih, yang menyerupai carousel, menggunakan triangulasi untuk menemukan asal gelombang radio.

Mereka melakukan referensi silang terhadap apa yang mereka dengar dengan gambar yang mereka kumpulkan dari drone pengintai dan menggunakan peta terperinci mengenai posisi musuh untuk perlahan-lahan menyimpulkan apa arti semua itu.

Mereka adalah bagian dari unit intelijen beranggotakan 50 orang yang dijuluki Bunnies of Cherkess: nama yang terinspirasi oleh ahli strategi militer China, Sun Tzu, yang menyarankan para pejuang untuk berpura-pura lemah ketika seseorang kuat.

“Tidak ada yang menganggap serius kelinci, kan?” kata Cherkess, komandan unit eponymous.

Penyadapan radio mengungkapkan bahwa Kremlin bertekad untuk menguasai seluruh Hutan Serebryansky, yang memisahkan Lyman yang dikuasai Ukraina dari Kreminna yang diduduki Rusia. Ini adalah bagian dari upaya untuk mencapai Torske, sebuah desa di Donetsk sebelah barat Kreminna. Dari Torske, Rusia akan semakin dekat untuk merebut kembali pusat Lyman, yang akan menjadi kemunduran besar bagi Ukraina dan mengganggu kemampuannya untuk memindahkan pasokan ke garis depan.

Decodeing Pesan

Cherkess dan anak buahnya, yang sebagian besar adalah sukarelawan yang bergabung dengan pasukan infanteri, memahami bahwa risikonya sangat besar, terutama ketika semakin banyak tanda-tanda bahwa dukungan dari sekutu Barat kurang aman.

Setelah mendengarkan komunikasi Rusia selama berjam-jam setiap hari, yang sebagian besar berkaitan dengan rotasi pasukan, tembakan artileri, dan pengintaian drone, mereka secara bertahap membangun pemahaman – dengan bantuan perangkat lunak komputer khusus – tentang apa arti semua komunikasi tersebut.

“Mentimun” adalah mortir, “wortel” adalah peluncur granat -- dan lokasi disampaikan dalam kode numerik dengan warna yang sesuai. Butuh waktu berbulan-bulan untuk memecahkan kode pesan Rusia ini.

Kedatangan peralatan tempur dan amunisi baru – dan terutama pasukan infanteri – menandakan serangan baru akan segera terjadi.

“(Seorang tentara) tidak tertarik dengan jenis radar yang dimiliki Rusia, dia membutuhkan informasi apakah akan ada serangan malam ini, dan siapa yang akan datang, apakah mereka memiliki tank, apakah mereka memiliki kendaraan lapis baja atau hanya infanteri, kata Cherkess.

“Dan kami harus memahami berapa lama kami harus mempersiapkannya. Sepekan? Dua pekan? Sebulan?"

Kabar sebelumnya mengenai rotasi masuk dan keluar pasukan musuh juga berguna bagi tentara Ukraina yang ingin melakukan serangan, katanya. Pada saat itulah mereka dapat menyebabkan kerugian personel secara maksimal.

Pekan sebelumnya, operasi penyerangan Rusia dilakukan terhadap brigade tetangga. Namun tentara Ukraina yang ditempatkan di sana bersiap menyambut mereka.

Tinggal di Garis Depan

Pentingnya pengawasan elektronik tidak bisa dianggap remeh, kata Yaroslav Kalinin, CEO Infozahyst, sebuah perusahaan yang terikat kontrak dengan Kementerian Pertahanan Ukraina.

Sebelum perang, Infozahyst menyediakan layanan anti penyadapan untuk kantor presiden dan perdana menteri. Setelah perang dimulai, perusahaan tersebut beralih untuk membantu tentara dengan memproduksi sistem pencari arah sinyal serbaguna, yang kini banyak diminati.

Pemerintah baru-baru ini menggandakan kontraknya dengan Infozahyst, menurut Kalinin.

Peningkatan kemampuan pengawasan ini sebagian merupakan pengakuan akan kebutuhan untuk mengejar ketertinggalan dari Rusia, yang telah banyak berinvestasi dalam teknologi ini jauh sebelum mereka menginvasi Ukraina.

Kalinin percaya bahwa perangkat yang lebih baik dan lebih kecil serta lebih mudah disembunyikan dan dipindahkan pada akhirnya akan memberikan keunggulan bagi Ukraina.

Rusia tahu bahwa mereka didengarkan dan secara rutin mencoba menipu musuh mereka dengan informasi palsu. Terserah pada Mikhass dan operator radio lainnya untuk membedakan sinyal dari kebisingan.

“Artileri mereka membantu kami,” jelasnya. “Mereka mengatakan di mana mereka akan menembak, dan kemudian kami memeriksa di mana peluru itu mendarat.”

“38 oranye,” lokasi yang baru-baru ini didengar Mikhass untuk serangan yang akan datang, diwakili di peta dengan sebuah titik kecil. Dan dikelilingi oleh ratusan titik lain yang menandakan lokasi yang telah mereka pecahkan kodenya.

“Kami membutuhkan banyak waktu untuk mengungkap poin-poin ini,” katanya. Namun, ketika Rusia meningkatkan tekanannya, waktu terus berjalan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home