Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 19:23 WIB | Kamis, 26 Februari 2015

Terungkap, Identitas Algojo ISIS di Video Pemenggalan Kepala

Mohammed Emwazi alias John Jihadi (Foto: BBC)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Pria yang selalu tampil dengan pakaian hitam dan hanya menampakkan kedua matanya tatkala muncul di video kelompok yang menamakan diri Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS) atau ISIS, kini bukan misteri lagi.

Informasi yang didapatkan BBC menyebutkan pria yang digambarkan sebagai algojo utama dalam pemenggalan oleh kelompok ekstremis itu adalah Mohammed Emwazi, kelahiran Inggris berdarah Kuwait, yang diyakini berasal dari London Barat.

Ia yang kerap dijuluki sebagai Jihadi John tampil dalam video pemenggalan kepala sejumlah sandera berkewarganegaraan Barat sebelum ini.

Bagi Badan Intelijen Inggris, Emwazi bukan nama asing, namun dalam beberapa bulan ini para pejabat memilih untuk tidak mengumumkan namanya agar tidak mengganggu penyelidikan.

Menurut BBC, ia diyakini melakukan perjalanan ke Somalia pada tahun 2006 dan diduga terlibat dalam kegiatan kelompok militan Al Shabab.

Emwazi, yang diperkirakan berusia antara 20-30 tahun, pertama kali tampil di video pemenggalan wartawan Amerika Serikat, James Foley, yang dikeluarkan ISIS Agustus 2014.

Ia juga tampil di video pemenggalan sandera ISIS lain seperti Alan Henning dan David Haines.(bbc.com)

Tentang Jihadi John, baca juga:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home