Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Reporter Satuharapan 21:48 WIB | Sabtu, 17 Desember 2016

Thailand Juara AFF 2016 Kalahkan Indonesia 2-0

Siroch Chattong, pemain Thailand yang memasukkan dua gol ke gawang Indonesia dan memastikan Thailand juara AFF Suzuki 2016 (Foto: akun Twitter AFF 2016)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM - Indonesia belum juga berhasil menggapai impian untuk pertama kalinya dalam 10 tahun menjuarai piala AFF Suzuki 2016. Timnas Garuda harus menelan kekalahan 0-2 atas tuan rumah, dalam pertandingan final leg kedua di  Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12) sekaligus harus puas menjadi runner-up untuk kelima kalinya.

Secara agregat, Indonesia kalah dengan skor 2-3 dari Thailand, setelah sempat memupuk harapan dengan kemenangan 2-1 dalam final leg pertama di Jakarta, pekan lalu.

Thailand memastikan kemenangan ketika Siroch Chattong membawa Thailand unggul 2-0  pada menit ke-47 atau awal babak kedua. Penyerang Thailand itu memasukkan bola ke gawang Indonesia yang dikawal Kurnia Meiga setelah menerima umpan dari rekannya yang berhasil mengelabui Beny Wahyudi.

Indonesia hampir saja kemasukan gol ketiga jika Kurnia Meiga tidak berhasil memblok tendangan penalti Teerasil Dangda. Striker Thailand ini melepaskan tembakan mendatar ke tengah lapangan, dan Meiga berhasil menghalau dengan kakinya.

Tendangan penalti diperoleh oleh Thailand  setelah para penyerangnya berhasil menembus pertahanan Indonesia, membuat Meiga tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Sirod Chatthong. Meiga menjatuhkan pemain Thailand itu yang berbuah tendangan penalti.

Sejak babak pertama, Thailand yang berkostum biru, menekan Indonesia, memaksa para pemain berkostum merah lebih banyak bertahan. Thailand mencetak gol pertama di menit 37, juga melalui tendangan Siroch Chatthong, yang jadi bintang kesebelasan Thailand malam ini.

Gol pertama Thailand nerupakan hasil dari serangan lewat sisi kiri melalui bola lambung yang berusaha dibuang oleh pemain Indonesia, Fachruddin. Namun, ia tak cukup berhasil, bola malah mengenai kaki Sirod Chatthong dan kemudian memantul masuk ke dalam gawang.

Sebelumnya, pemain Thailand, Prathum Chutong, sempat menjebol gawang Indonesia pada babak pertama. Tapi hakim garis mengangkat bendera tanda terjadi offside terlebih dahulu. Gol pun dianulir oleh wasit.

Indonesia dalam beberapa kesempatan berhasil menciptakan peluang namun tidak dapat dieksekusi dengan baik. Di babak pertama, serangan dari sisi kiri yang dimotori oleh Boaz Salossa berhasil masuk ke tengah. Boaz memberikan set up  kepada Zulham Zamrun namun tendangan keras Zulham dari luar kotak penalti melenceng.
 
Di akhir babak kedua, salah seorang pemain Indonesia, Abduh Lestaluhu diganjar kartu merah karena secara emosional menendang bola keluar lapangan, melampiaskan kemarahan terhadap para pemain cadangan Thailand. Sempat terjadi kericuhan menyebabkan hampir semua pemain Indonesia ke luar lapangan. Tetapi pertandingan kemudian dilanjutkan.

Susunan Pemain:

Thailand: 1-Kawin Thamsatchanan, 3-Theerathon Bunmathan, 5-Adison Promrak, 19-Tristan Do, 4-Kroekrit Thaweekarn, 6-Sarach Yooyen, 18-Chanathip Songkrasin, 14-Sarawut Masuk, 10-Teerasil Dangda, 7-Charyl Chappuis, 9-Siroch Chatthong (Sarawat Masuk 89')

Cadangan: 20-Sinthaweechai Hathairattanakool, 23-Chanin Sae-ear, 2-Peerapat Notchaiya, 11-Mongkol Tossakrai, 12-Adul Lahsoh, 15-Koravit Namwiset, 16-Pratum Chuthong, 17-Tanaboon Kesarat, 21-Pokklaw Anan, 29-Rungrath Poomchantuek, 35-Prakit Deeprom, 36-Pravinwat Boonyong

Indonesia: 1-Kurnia Meiga, 2-Beny Wahyudi (Dedi Kusnandar 46'), 3-Abduh Lestaluhu, 16-Fachruddin, 23-Hansamu Yama, 25-Manahati Lestusen, 19-Bayu Pradana, 14-Rizky Pora (Ferdinand Sinaga 73'), 8-Stefano Lilipaly, 21-Zulham Zamrun (Lerby 63), 7-Boaz Solossa

Cadangan: 22-Teja Paku Alam, 26-Andritany, 4-Abdul Rachman, 6-Evan Dimas, 9-Ferdinan Sinaga, 11-Dedi Kusnandar, 12-Lerby Eliandy, 13-Yanto Basna, 17-Muchlis Hadi, 18-Bayu Gatra, 27-Gunawan Dwi Cahyo

Wasit: Abdulla Hasan (Uni Emirat Arab)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home