Loading...
INSPIRASI
Penulis: Obrin Sualang 01:00 WIB | Minggu, 06 Juli 2014

The Real Me

Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Rio! Itulah sebutan yang hampir sering saya gunakan ketika resepsionis salon menanyakan ordernya pakai nama siapa.  Bagi saya itu sangat memudahkan, terlebih bagi sang resepsionis karena memudahkan  pendataan.  Pengunaan nama singkat bukan tanpa alasan.  Inisiatif itu muncul dari kerumitan ketika saya harus mengeja beberapa kali nama asli saya di tempat yang sama.  Mungkin nama saya tidak biasa di telinga orang lain sehingga butuh usaha ekstra untuk mengeja.  Jadi, menggunakan nama samaran nan singkat itu seakan menjadi solusi yang praktis alias win-win solution, buat saya dan juga buat resepsionis.

Soal nama samaran menjadi berbeda ceritanya dengan pengalaman rekan saya.  Dia merasa tidak masalah bahkan bangga untuk tetap menggunakan nama aslinya yang bernuansa Tionghoa. Dia malah heran ketika suatu saat rekannya mempertanyakan mengapa dia tidak menggunakan nama lain versi Indonesia.

Ungkapan Juliet dalam karya sastra William Shakespeare mempertanyakan bahkan menyangsikan arti sebuah nama. What's in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet. Di satu pihak, nama bagi sebagian orang ibarat doa dari orang tua, sang pemberi nama. Tapi di pihak lain, saya setuju dengan argumentasi dalam karya pujangga Inggris di atas. Nama memang penting, namun tidak sekadar sebuah nama. Esensi sebenarnya ada pada kepribadian sang  pemilik nama. 

Bunga mawar akan tetap menebarkan pesona dan wangi aslinya meski kita memakai nama samaran atau slogan lain untuknya.  Begitu pula dengan para calon pemimpin kita. Masing-masing calon kelihatan semakin berupaya keras untuk merebut hati para swing voter yang masih bingung menentukan pilihan. Karena itu, berbagai janji dan slogan pun terus ditebar. Mulai dari pemimpin ”sahabat rakyat” sampai pemimpin ”penyelamat bangsa”. Tetapi apa pun slogan yang dipakai untuk mempersolek pesona masing - masing, kita tidak perlu sok galau untuk menentukan pilihan.  Lihat saja pesona dan  wangi aslinya.

Selamat menentukan pilihan!

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home